Peran Kampung Sains Terhadap Literasi Sains Siswa Di Karangkajen Yogyakarta

Penulis

  • Muhammad Nazal Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ)
  • Sri Jumini Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ)
  • Firdaus Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ)

Kata Kunci:

peran kampung sains, literasi sains, siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses belajar mengajar literasi sains di Kampung Sains Karangkajen Yogyakarta. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran sains di Kampung Sains Karangkajen Yogyakarta. Mengetahui literasi sains siswa di Kampung Sains Karangkajen Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan penelitian lapangan (field research) model penelitian ini menggunakan desain evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket, dokumentasi dan wawancara. Kemudian sumber data diperoleh dari wawancara kepada narasumber yaitu ketua Kampung Sains dan Mentor Kampung Sains lalu sumber data diperoleh dari angket. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase dan analisis menggunakan model discrepancy yang bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran literasi sains dari segi tujuannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Kampung Sains dengan pendekatan literasi sains pengunjung mampu menyelesaikan tugas,  dan menyampaikan hasil temuannya dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengolah data, serta mengasosiasi yang ditujukan kepada orang lain. Pengunjung juga mampu mempraktekan dengan baik tentang pembelajaran sains yang telah dijelaskan dan diperagakan oleh mentor dengan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Program Kampung Sains dengan pendekatan literasi sains dikatakan efektif, hal ini ditunjukan dengan hasil angket sebesar 50% atau 5 pengunjung menjawab sangat sesuai dan 50% atau 5 pengunjung menjawab sesuai. Program Kampung Sains dengan pendekatan literasi sains menggambarkan kondisi proses belajar pengunjung berjiwa sains, dengan pembelajaran yang menyenangkan dan asyik.

Referensi

Darwanto. 2017. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitzpatrick J L, James R S and Blaine R W. 2004. Program Evaluation: Alternative Approaches Practical Guideline, San Fransisco: Pearson Education, Inc.

Holbrook, J dan Rannikmae. 2009. The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of Environment & Science Education.Vol. 4.(Online), diakses 28 Desember 2018.

https://www.cendananews.com/amp/2019/01/mengenal-lebih-dekat-kampung-sains karangkajen-yogyakarta.html

Iri, Qunarti. 2013. Strategi Aktive Learning dan Prakteknya dalam IPA. Jakarta: Rineka Cipta.

Juhji. 2016. “Model Pembelajran Sains Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran IPA”, Jurnal PRIMARY Vol. 08. No. Januari-Juni.

Lau, J.Y.F. 2011. An Introduction to Critical Thinking and Creativity, New Jersey: John Wiley dan Sons, In.

Muzria. “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 10 Gadung”, Jurnal Kreatif Online, Vol. 5 No. 3.

National Research Council. 1996. National Science Education Standard, Washington DC: National Academy Press.

Odja, Mamonto Abdul Haris Tirtawaty Abdjul. 2021. “The Effect of E-Learning Application through the Use of Whatsapp-Assisted Edmodo on the Students’ Learning Outcomes in the Concept of Sound Waves”. Jurnal Pendidikan Fisika https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf DOI: 10.26618/jpf.v9i1.4361.6.

OECD. 2010. PISA 2009 Result: What Students Know and Can Do Volume I. Kanada: OECD Reviandari. 2002. “Pembentukan Pengetahuan Sains, Teknologi, Dan Masyarakat Dalam Pandangan Pendidikan IPA” Jurnal Educare, Vol, 01 No. 02.

Rohayati, Hajar. 2018. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SDN 263 Rancaloa”, Jurnal Elementaria Edukasia, Vol. 1 No. 1.

Sarwanto. 2014. Karakteristik Pembelajaran IPA. Jakarta: Kencana Media.

Zuriyani. 2011. Literasi Sains dan Pendidikan, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30