Analisis Framing Dalam Pemberitaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Media Online

Penulis

  • Hadiqoh Asmuni Sekolah Tinggi Islam Blambangan (Stib) Banyuwangi
  • Putri Maja Mulia Kulzum Sekolah Tinggi Islam Blambangan (Stib) Banyuwangi

Kata Kunci:

analisis framing, merdeka belajar dan media online

Abstrak

Media massa bersifat terbuka, yang berarti pesan dapat disampaikan kepada semua orang, bukan hanya kepada kelompok tertentu. Informasi tentang sebuah peristiwa akan segera disebarkan oleh pemilik media melalui pemberitaan online. Ketika media online berkembang pesat, pihak yang menanganinya semakin berusaha untuk menyediakan hiburan dan informasi yang menarik sehingga berita yang dimuat di media massa dapat menarik perhatian masyarakat. Studi ini menggunakan analisis kualitatif. Perangkat analisis yang digunakan sesuai dengan model analisis framing Robert N. Etnman, yang terdiri dari mendefinisikan masalah, menentukan penyebabnya, membuat kesimpulan moral, dan menyarankan pengobatan. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati beberapa berita kemudian menganalisisnya untuk mendapatkan data penelitian. Peneliti mendapatkan data untuk penelitian ini melalui metode dokumentasi; data ini dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti jurnal, artikel, dan website yang berkaitan dengan subjek penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa Nadiem Makarin, Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, membuat keputusan untuk mendefinisikan masalah pemberitaan kebijakan pembelajaran tatap muka. Menurut analisis literatur, selama bulan Juni 2021, media online CNN Indonesia memberitakan tentang kebijakan pembelajaran tatap muka sebanyak dua belas kali. Selama bulan Juli 2021, media online CNN Indonesia juga mengangkat berita tentang kebijakan tersebut dengan cukup intens. Karena evaluasi pembelajaran jarak jauh sudah tidak efektif, Kemendikbud Ristek berencana untuk kembali ke pembelajaran tatap muka. Namun, ada beberapa orang yang tidak setuju dengan rencana tersebut, seperti Perhimpunan Guru dan Pendidikan (P2G), yang mengkritik kebijakan pembelajaran tatap muka. P2G melakukan survei terhadap guru dan orang tua siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa 78% guru dan 75% orang tua ingin pembelajaran tatap muka, tetapi media online CNN Indonesia membingkai bahwa sisa persentase tersebut harus dipertimbangkan dan diimbangi. Komunikasi massa sebenarnya adalah alat yang dapat menyebarkan pesan secara efektif.

Referensi

Amalia, A., & Haris, A. (2019). Wacana islamophobia di media massa. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Islam Riau, 7(1), 71–81.

Anggoro, A. D. (2014). Media, Politik dan Kekuasaan. Jurnal Aristo, 2(2), 25– 52.

Arsy, A. N. (2022). Framing Media : surya . co . id and jawapos . com on The Process of Face To Face Learning in Surabaya Framing Media : surya . co . id dan jawapos . com pada Proses

Pembelajaran Tatap Muka di Surabaya Program Studi Ilmu Komunikasi , Fakultas Ilmu Sosial da. 10(1), 24–43.

Boer, K. M., Pratiwi, M. R., & Muna, N. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Generasi Milenial dan Pemerintah Terkait Covid-19 di Media Online. 4(April), 85–104. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.8277

Com, T. (2021). NILAI BERITA PADA PEMBERITAAN BISNIS PORTAL BER-. 6, 136–147. Dhaniel, R. (2021). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE PADANG EKSPRES TENTANG. 8(7), 2088–2095.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (T. Surjaman (ed.)).

Eriyanto. (2011). Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media (Nurul Huda SA (ed.)). Yogyakarta : PT LKiS Printing Cemerlang.

Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media (Revisi). Penerbit LkiS.

Fachruddin, A. (2012). Dasar-Dasar Produksi Televisi (Pertama). Jakarta : Prenada Media Group

Fey. (2021). PGRI Klaim Mayoritas Guru-Orang Tua Ingin Sekolah Dibuka. 08 Jun 2021 1.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210608140628-20- 651719/pgri-klaim-mayoritas-guru-orang-tua-ingin-sekolah-dibuka

Flora, E. (2014). Analisis Framing Berita Calon Presiden RI 2014 - 2015 Pada Surat Kabar Kaltim Pos Dan Tribun Kaltim. EJournal Ilmu Komunikasi, 2(3), 347–356.

Fra. (2021). PGRI Klaim Mayoritas Guru-Orang Tua Ingin Sekolah Dibuka. 08 Juni 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210608140628-20-651719/pgri-klaim-mayoritas-guru-orang-tua-ingin-sekolah-dibuka

Herman, A., & Nurdiansa, J. (2010). Analisis Framing Pemberitaan Konflik Israel - Palestidalam Harian Kompas dan Radar Sulteng. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8,(Mei-Agustus 2010), 154–169.

Hubeis, M. dkk. (2012). Komunikasi Profesional Perangkat Pengembangan Diri (H. Baihaqi (ed.); Pertama). Bogor : PT. Penerbit IPB Press.

Kartika, M. (2021). Ini Alasan Mayoritas Orang Tua Setuju Belajar Tatap Muka. 11 Juli. https://www.republika.co.id/berita/qw2pmz428/inialasan-mayoritas-orang-tua-setuju-belajar-tatap-muka

Kusumaningrat, H. (2014). Jurnalistik Teori dan Praktik (6th ed.). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Liliweri, A. (2011). Komunikasi Bisa Ada Serba Makna (Edisi Pert). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Maisarah, W. (2021). Framing Advokasi Perkuliahan Tatap Muka di Masa Normal Baru dalam Pemberitaan Kedaulatan Rakyat. Jurnal Kajian Jurnalisme, 4(2), 192. https://doi.org/10.24198/jkj.v4i2.31300

Nurpadillah, L., Saepullah, U., Muchtar, K. (2019). Pandangan Wartawan Televisi Mengenai Peliputan. Medium Jurnal Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas ISslam Riau, 8, 51–65. Nurudin. (2014).

Pengantar Komunikasi Massa (1st–6th ed.). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persana. osc. (2021).

Nadiem Pastikan PTM Terbatas Bukan Sekolah Seperti Biasa. 09 Juni.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210609213449-25- 652426/nadiem-pastikan-ptm-terbatas-bukan-sekolah-seperti-biasa

Permana, R. H. (2021). Cerita Awal Corona Di Indonesia. News.Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-5584009/cerita-awal-corona-diindonesia/1

Rahmawati Nur, & Didah, N. (2018). Makna Leksikal Dan Gramatikal Pada Judul Berita Surat Kabar Pos Kota (Kajian Semantik). Jurnal Sasindo Unpam, 6(1), 39–54. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/1336

Riauan, M. A. I., Aziz, A., & Nurman, N. (2020). Analisis Framing “Aksi Bela Islam” Sebagai Dakwah Islam Di Riau Pos. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 35. https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.7666

Romadhon, F. N. (2019). Media Dan Kritik Sosial (Analisis Framing Pemberitaan Pedagang Kaki Lima Cihideung Kota Tasikmalaya Pada Harian Umum Kabar Priangan Grup Pikiran Rakyat

Periode AprilSeptember 2017). Jurnal Riset Komunikasi, 2(2), 89–109. https://doi.org/10.24329/jurkom.v2i2.64

Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media (Irwan Kurniawan (ed.)). Bandung : Nuansa Cendikia.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa (Adipranomo (ed.)). Jakarta : PT.Grasindo. Sanusi, I., &

Muhaemin, E. (2019). Intoleransi Keagamaan Dalam Framing Surat Kabar Kompas.

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 17– 34. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i1.5034

Sartika. (2018). Kegunaan whatsapp sebagai media informasi dan media pembelajaran pada mahasiswa ilmu komunikasi STISIP persada bunda. Medium, 6(2), 15–26.

Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Simbolik, dan Analisis Framing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

thr. (2021). P2G Kritik Nadiem Ngotot Buka Sekolah: Vaksinasi Guru Lamban. 04 Jun 2021. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210603192312-20-650137/p2g-kritik-nadiem-ngotot-buka-sekolah-vaksinasi-guru-lamban

yoa. (2021). SMA MH Thamrin Jaktim Batal Gelar PTM Imbas Covid-19 Tinggi. 10 Jun 2021.

Zahra, M. A. (2022). Pendidikan Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Tidak Berkembang. 14

Januari. https://kumparan.com/meitazahra03/pendidikan-indonesia-padamasa-pandemi-covid-19-tidak-berkembang-1xJ65ltQ2Vw

Zhan, E. (2022). Pro dan Kontra Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen di Sekolah, Apa Pendapat Orang Tua Murid. 10 Januari. https://www.kompas.tv/article/249940/pro-dan-kontrapembelajaran-tatap-muka-100-persen-di-sekolah-apa-pendapat-orangtua-mur

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31