Peningkatan Kompetensi Professional Guru Paud Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Tk Khodijah Rejo Asri 3

Penulis

  • Aulia Arda Sabila Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Edo Dwi Cahyo Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Asih Lin Nanam Pilihan Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Yulia Nur Janah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Rika Oktavia Kurniawati Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia

Kata Kunci:

Kompetensi Professional Guru, Pendidikan, Pelatihan, dan Pendidikan Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kompetensi professional guru PAUD melalui pendidikan dan pelatihan pada TK Khodijah Rejo Asri 3. Metode penelitian yang dugunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi. Jenis triangulasi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik sebagai cara keabsahan data, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala TK Khodijah Rejo Asri 3 dan tenaga pendidik atau guru yang berjumlah empat orang. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan profesionalisme guru di PAUD merupakan salah satu langkah dalam mewujudkan kualitas pendidikan di Indonesia yang bermutu. Peningkatan kompetensi professionalisme guru PAUD di TK Khodijah Rejo Asri 3 dapat kembangkan melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) guru dengan berbagai kegiatan, seperti mengikuti diskusi, mengikuti seminar, mengikuti lokakarya, mengikuti studi tambahan, menambahkan fasilitas membaca, media, dan majalah yang terkait dengan kompetensi guru, dan membuat forum PAUD untuk guru.

Referensi

Anggraini, E. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Keprofesionalan Guru PAUD. Jurnal Usia Dini, 8(2), 110–118.

Ariesta, E., Permatasari, T., & Metrri, G. G. (2022). Pembinaan Pembelajaran Interaktif melalui Metode Bermain bagi Guru-Guru PAUD Nava Dhammasekha Karuna, Teluknaga, Tangerang.

Kreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 96–105.

Astana, A. C., Susijati, & Sihombing, T. R. C. (2022). Pembinaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik bagi Guru-Guru PAUD Nava Dhammasekha Karuna, Teluknaga, Tangerang. Community Services and Social Work Bulletin, 2(2), 103–115.

Berestova, A., Gayfullina, N., & Tikhomirov, S. (2020). Leadership and Functional Competence Development in Teachers : World Experience. International Journal of Instruction, 13(1), 607–622.

Dewi, R. A., & Suryana, D. (2021). Menganalisis Kompetensi Guru PAUD Yang Profesional. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(5), 505–510.

Fonséna, E., & Ukkonen-Mikkola, T. (2019). Early Childhood Education Teachers ’ Professional Development towards Pedagogical Leadership Leadership. Educational Research, 61(2), 1–30.

Harimurti, E. R. (2019). Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Buah Hati, 6(2), 78–85.

Indriani, F. D., & Kuswanto, K. (2021). PEngaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Kompetensi Guru PAUD Terhadap Proses Pembelajaran. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 218–225.

Melnyk, N., Maksymchuk, B., Gurevych, R., Kalenskyi, A., Dovbnya, S., Groshovenko, O., & Filonenko, L. (2021). The Establishment and Development of Professional Training for Preschool Teachers in Western European Countries. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 13(1), 208–233.

Nurhayati, M. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD di PAUD X Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud (JRPGP), 2(1), 15–20.

Putri, S. S., & Wiyani, N. A. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru di Taman Penitipan Anak Sekar Purbalingga. JURNAL ASGHAR, 1(1), 59–81.

Romijn, B. R., Slot, P. L., & Leseman, P. P. M. (2021). Increasing teachers ’ intercultural competences in teacher preparation programs and through professional development : A review. Teaching and Teacher Education, 98, 103236. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103236

Sahadatunnisa, A., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2023). Peningkatan Profesionalisme Guru di PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5, 175–182.

Schachter, R. E., Gerde, H. K., & Hatton-Bowers, H. (2019). Guidelines for Selecting Professional Development for Early Childhood Teachers. Early Childhood Education Journal, 47, 1–28. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00942-8

Sulastri, N. M. (2022). Strategi peningkatan kompetensi paedagogik guru pendidikan anak usia dini. Journal Transformation of Mandalika, 3(4), 44–48.

Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258

Delfi, E., Marisa, S., Winda, A., Desi, K. ( 2022). Jenis-jenis Pelatihan Peningkatan Profesional Guru PAUD di Jndonesia. Jurnal Basicedu, 6(4),7.

Elya Siska Anggraini, (2022), Peningkattan Kopetensi Prifesional Guru PAUD, Jurnal Anak Usia Dini, 8(2),5-7.

Anisa Puteri kusuma Lestari, & Nurul ulfatin, (2016), Menejemen Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD, Menejemen Pendidikan, 25(1), 1

Iman Rochayadi, (2014), Upaya Meningkaykan Kompetensi Gutu PAUD Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Guru di Paud Bougenville Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, Jurnal Empowerment, 4(1), 9

Dudung, A., (2018), Kompetensi Profesional Guru, Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1),9

Pianda Didi, (2018), Kinerja Guru: Kopetensi Guru, Motivasi Kinerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jawa Barat : CV jejak, 40-58.

Atika Cucu, & Neni Husnaeni, (2021), Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Pelatihan Dengan Kinerja Guru PAUD Di Kecamatan Maja, Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 9-10.

Anwar, B. (2019). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah, 6(2), 114–125. https://doi.org/10.24252/SAA.V6I2.7129

Fadilah, C., Rini, R., & Nawangsasi, D. (2019). Movitasi Kerja Guru PAUD dan Kompetensi Pedagogik. Journal of the Japanese Society of Pediatric Surgeons, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.11164/jjsps.8.2_255_5

Huda, M. N. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Pendidikan. Ta’dibi: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 42–62. https://doi.org/10.1056/nejmoa1407279

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Sofia, A., & Syafrudin, U. (2020). Pemahaman Guru TK tentang Metode Sosiodrama terhadap Kompetensi Sosial. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 105–112. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.39

Nuryovi, N., Wiharna, O., & Sriyono, S. (2018). Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 219–224. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9636

Mu’izz, M. (2017). Implementasi Pendidikan Dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Mts Negeri 2 Bandar Lampung. Tesis.

Alkornia, S. (2016). Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru PAUD Dharma Wanita Binaan SKB Situbondo. Pancaran Pendidikan, 5(4), 143– 158.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-31