INOVASI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FAIZIN NW KUANG MAYUNG

Penulis

  • Laely Susikartikasari Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
  • H. Azharullail Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • H. Hakkul Yakin Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.76

Kata Kunci:

Inovasi Kepala Madrasah,, Mutu Pendidikan.

Abstrak

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegritasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Pendidikan harus selalu bertumpu pada konsep pertumbuhan, pengembangan, pembaharuan, dan kelansungan hingga penyelenggaraan pendidikan harus di kelola secara professional. Mengingat pentingnya kesuksesan inovasi kepala madrasah ini bagi pengembangan mutu pendidikan, oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui inovasi kepala madrasah dalam mengembnagkan mutu pendidikan yang di jalankan oleh madrasah tsanawiyah darul faizin NW kuang mayung. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya, bentuk dan faktor penghambat dan pendukung dari inovasi kepala madrasah dalam mengembangkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah upaya kepala madrasah dalam melakukan inovasi ada dua macam: 1) pembinaan bagi guru oleh pengawas madrasah. 2) melaksanakan pembelajran ekstrakurikuler. Dalam bentuk inovasi yang di jalankan ada tiga yaitu: 1) diniyah ta’limiyah. 2)majelis ta’lim. 3) pembelajran aktif dan menyenangkan. Salah satu faktor pendukung adalah aktifnya siswa di dalam madrasah maupun di luar madrasah. salah satu faktor penghambat adalah sarana dan prasana.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abu,B., & Usman. (2005). Fungsi Ganda Pendidikan Islam, Yogyakarta: Safra Insania Press.

Fitri, A., Z. (2013). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam, Bandung: Alfabeta.

Moleong Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. 2014. Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Zogara, A., U., Arifin, Z. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah, Jogjakarta: KBM Indonesia

.

Zulkifli M, (2021), Penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih, an-Nahdlah Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Agustus. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.13

Zulkifli M, (2020), The Implementation of Personnel Management in Improving the Quality of Education in Madrasah Ibtidaiyah NW Korleko, AL-MUJAHIDAH Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), April, https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v1i1.19

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Laely Susikartikasari, H. Azharullail, & H. Hakkul Yakin. (2022). INOVASI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FAIZIN NW KUANG MAYUNG. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 148–155. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.76

Terbitan

Bagian

Articles