https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/nahdlatain/issue/feed Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam 2023-03-07T06:38:30+08:00 Open Journal Systems <p><strong>Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam,</strong> adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang informasi berupa artikel maupun hasil penelitian lapangan. Jurnal ini diterbitkan empat kali dalam setahunnya itu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Redaksi menerima naskah yang belum pernah diterbitkan dalam media lain dari Dosen, Mahasiswa, Peneliti maupun Praktisi.</p> https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/nahdlatain/article/view/264 PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD/MI 2023-01-11T15:31:01+08:00 Suparlan parlan [email protected] Ayatullah [email protected] Abdurrahim [email protected] <p>Istilah pengembangan menunjukkan pada suatu kegiatan menghasilkan suatu alat atau cara yang baru, dimana selama kegiatan tersebut penilaian dan penyempurnaan terhadap alat atau cara tersebut terus dilakukan. Kegiatan pengembangan kurikulum mencakup penyusunan kurikulum itu sendiri, pelaksanaan di sekolah-sekolah yang disertai dengan penilaian yang intensif, dan penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukan terhadap komponen-komponen tertentu dari kurikulum tersebut diatas dasar hasil penilaian. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.</p> 2023-02-18T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Suparlan parlan, Ayatullah, Abdurrahim https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/nahdlatain/article/view/250 UPAYA PEMBINA TAHFIZ DALAM MENYIKAPI PROBLEMATIKA SISWA MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MA NURUSSA’ADATAIN NAHDLATUL WATHAN GONJONG 2023-01-04T21:37:17+08:00 Nila Rosita [email protected] Muh Zulkifli [email protected] H. Hakkul Yakin [email protected] <p>Menghafal Al-Qur’an bukanlah tugas yang mudah. Kiranya tidak berlebihan jika di katakan menghafal Al-Qur’an itu berat dan melelahkan. Hal ini di karenakan banyak problematika yang harus di hadapi para penghafal Al-Qur’an untuk mencapai derajat yang tinggi di sisi Allah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui problematika siswa dalam menghafal Al-Qur’an di MA Nurussa’adatain Nahdlatul Wathan Gonjong. (2) Untuk mengetahui upaya pembina tahfiz dalam mengatasi problematika siswa&nbsp; menghafal Al-Qur’an di MA Nurussa’adatain Nahdlatul Wathan Gonjong. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sumber data dalam penelitian ini adalah data Primer yaitu pembina tahfiz dan siswa, dan data Skunder yaitu data siswa, dokumentasi berupa foto, dan melihat secara langsung proses menghafal. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Problematika siswa dalam menghafal Al-Qur’an di MA Nurussa’adatain Nahdlatul Wathan Gonjong adalah adanya siswa atau santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an, adanya rasa malas dan bosan, adanya ayat-ayat yang sulit dihafalkan. (2) Upaya pembina tahfiz dalam menyikapi problematika siswa menghafal Al-Qur’an di MA Nurussa’adatain Nahdlatul Wathan Gonjong adalah membagi siswa atau santri jadi beberapa kelompok, membuat lembaga Qiroati yang di khususkan untuk belajar cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, mengajak anak-anak refresing untuk menghilangkan penat dan rasa bosan, menambah program-program ekstra yang dapat membangkitkan semangat, memberikan motivasi dan semangat.</p> 2023-01-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Nila Rosita, Muh Zulkifli, H. Hakkul Yakin https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/nahdlatain/article/view/294 PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS XII MA MU’ALLIMIN NW BORO’ TUMBUH 2023-03-07T06:38:30+08:00 Muh. Nuri Arnwadi [email protected] <p>Dalam dunia pendidikan, siswa dituntut untuk memiliki kompetensi-kompetensi guna mewujudkan siswa yang berkompeten. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa kelas XII yaitu: Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas XII MA Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh dan guru sebagai peneliti. Sedangkan data yang diperoleh terdiri dari Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Data kualitatif diperoleh dari tindakan guru dan siswa pada saat pembelajaran.Berdasarkan hasil pengamatan bahwa secara umum skenario pembelajaran telah dilaksanakan pada siklus ini. Adapun hasil nilai kualitatif dari pengamatan tersebut adalah: 1. Kurangnya pemahaman siswa yang kemungkinan disebabkan oleh penggunaan media yang belum optimal. 2. Kurangnya keaktifan siswa disebabkan karena pengelolaan kelas yang masih kurang. 3. Refleksi Dari hasil belajar siswa diperoleh ketuntasan belajar mencapai 71,42% sedangkan dari hasil pengamatan menunjukkan kurangnya pemahaman siswa kemungkinan disebabkan karena penggunaan medai yang belum optimal dan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar serta pengelolaan kelas yang masih kurang. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, peneliti mengupayakan pembentukan kelompok dan memilih metode inkuiri untuk dapat meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. 4. Deskripsi keberhasilan dan kegagalan Tingkat keberhasilan siswa secara klasikal mencapai 71,42%.</p> 2023-01-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Muh. Nuri Arnwadi