PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF GURU TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Authors

  • Yosi Ayuliansari Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
  • M. Ikhwanul Hakim Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muh Zulkifli Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.65

Keywords:

Interaksi Edukatif, Terhadap Akhlak Peserta Didik

Abstract

kegiatan interaksi edukatif memiliki tujuan yang jelas dalam peroses pembelajaran. Bentuk interaksi edukatif yang dilakukan dapat berbagai macam. Guru merupakan unsur yang memiliki peran penting dalam kegiatan pendidikan Guru sebagai Transfer Of Value (menanamkan nilai-nilai) untuk pembinaan karakter, akhlak Peserta didik. Peserta didik juga sebagai subyek memiliki peran aktif dalam interaksi belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Apakah Pengaruh Interaksi Edukatif Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik yang berjumlah 25 orang dan menngunakan teknik sampel jenuh. Istrumen pengumulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian dari pengaruh interaksi edukatif guru terhadap akhlak peserta didik kelas VII di MTs Darush Shibyan NW Lando , nilai rhitung = 0,9802. Berdsarkan kriteria pengujian hipotesisi, jika nilai rhitung> rtabel maka hipotesis diterima, sedangkan apabila nilai rhitung < rtabel maka hipotesis ditolak. Nilai rtabel pada dk = N-1 = 25-1 = 24 dengan taraf signifikansi / kesalahan 1 % maka rtabel = 0, 515. Dengan demikian rhitung > rtabel yaitu 0, 980 > 0,515 maka hipotesis diterima, artinya ada pengaruh interaksi edukatif guru terhadap akhlak peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Darush Shibyan NW Lando Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Terhadap Akhlak  Peserta Didik

References

Anggito, A & Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Anisah N. 2017. Pengaruh Penggunaan Smartphone Dalam Gaya Hidup Modern Terhadap Komunikasi Interpersonal Kalangan Pemuda di Kecamatan Syiah Kula, Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(4) : 17-32

Arifin, Z & Irawanti, M. 2021. Pengaruh Kemampuan Membuat Simulasi Berbasis M-FILE Terhadap Kemampuan Membuat Simulasi GUI Pada Program Matlab, Jurnal Al- Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1) : 38-43

Arikunto, A. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Irawan. Zuliatul M. A.,& Yakin H. 2021. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist, Jurnal Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1) : 1-8

Juliana, Kartika. 2017. Interaksi Edukatif Guru Akidah Akhlak dalam pembentukaan Karakter Peserta Didik di MTS N 6 Kulon Progo. Skripsi Universitas Islam Sunan Kalijaga.

Kurniawan D. E. 2017. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta, Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1) : 3-37

Purnomo P. 2016. Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V, Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20 (2) : 151-157

Sardiman, A. M. 2009. Interaksi Motivasi Melajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Syaiful Bahri, Djmarah. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Malang: Universitas Islam Malang

Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Walad, M. 2021. Strategi Penanaman Karakter Islami Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Darussholihin NW Kalijaga, Jurnal Al-Nahdlah, 1 (1) : 13-43

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Yosi Ayuliansari, M. Ikhwanul Hakim, & Muh Zulkifli. (2022). PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF GURU TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK . Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.65