PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Authors

  • Dahlia Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
  • Lalu Gede Muhammad Zainuddin Astani Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Ulyan Nasri Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.72

Keywords:

Guru, Akidah Akhlak, Karakter,, Peserta Didik

Abstract

Tujuan Penelitian yaitu untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam pembentukkan karakter peserta didik di MA NW Lenek Lauq, dan faktor mempengaruhi pembentukkan karakter peserta didik. Rumusan masalah, bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembentukkan karakter peserta didik dan faktor mempengaruhi pembentukkan karakter peserta didik. Metode digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing, sebagai pendidik, sebagai teladan, sebagai penasehat. Faktor pendukung kasih sayang orang tua dan faktor penghargaan. Faktor penghambat kurangnya kasih sayang orang tua, kesadaran diri sendiri, pengaruh teman dan media dinikmati. Kesimpulan Peran guru akidah akhlak  yaitu: 1) sebagai pembimbing, 2) sebagai pendidik, 3) sebagai teladan 4) sebagai penasehat. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan oleh guru kepada peserta didik di MA NW Lenek Lauq yaitu: 1) nilai religious, 2) nilai kejujuran, 3) nilai disiplin, 4) nilai kerja keras, 5) nilai tanggung jawab. Faktor yang mempengaruhi pembentukkaa karakter peserta didik di MA NW Lenek Lauq terdiri dari dua faktor yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu pengaruh kasih sayang orang tua peserta didik dan penghargaan. Faktor penghambat yaitu kesadaran diri sendiri, kurangnya kasih sayang orang tua, teman dan media yang dinikmati.

References

Azizah,, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri Weleri Kendal. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Dayani, S. Dwi., Guch, Z. & Parianto. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam

Menanamkan Sikap Perilaku Siswa Kelas VII MTS Al Washliyah Gedung

Johor. Jurnal Taushiah, 10(2):82-84

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2007. Jakarta: Balai Pustaka.

Lickona, T. (2012). Educatting For Character, Mendidik Untuk Membentukk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Palunga, R. dan M. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di SMP N 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1): 24-31

Saputra, A, D. (2019). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Kelas Viii Mtsn 5 Kaur. Skripsi. IAIN Bengkulu

Sukmalina. (2017). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Shodiqin, (2021), The Implementation of School Culture-Based Character Education Through The Application of The Boarding School System at The Islamic Junior High School of Islamic Cendekia Generation in Central Lombok, an-Nahdlah Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), September. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i2.19

Walad, M, (2021), Strategi Penanaman Karakter Islami dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Darussholihin NW Kalijaga, an-Nahdlah Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Agustus. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.11

Zogara, A. U., Arifin, Z. (2020). Metode Penelitian Ilmiah. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Dahlia, Lalu Gede Muhammad Zainuddin Astani, & Ulyan Nasri. (2022). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 95–111. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.72