The Influence of Learning Motivation and Discipline on Learning Achievement of Class VI Students of SD IT Abata Lombok

Authors

  • Iswi Sholihah STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat

Keywords:

Motivation, Learning Discipline, and Learning Achievement

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD IT Abata Lombok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD IT Abata Lombok yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada variabel motivasi, nilai thitung (5,403) > ttabel (1,708) dan nilai signifikansinya sebesar (0,000) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Pada variabel Disiplin belajar, nilai thitung (3,438) > ttabel (1,708) dan nilai signifikansinya sebesar (0,000) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa disiplin belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y). Nilai Fhitung (9,044) > Ftabel (4,120) dengan Signifikan. (0,002) < 0,05 maka hipotesis diterima. Model regresi menunjukan bahwa variabel indpenden terdiri dari variabel motivasi (X1) dan disiplin belajar (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y).

References

Aqib, Z. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Al-Idrus, S. W., Muti’ah, M., & Rahmawati, R. 2021. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Kimia Lingkungan di Masa

Pandemic Covid 19. AS-SABIQUN, 3(1), 14–25. https://doi.org/10.36088/ASSABIQUN.V3I1.1117.

Al-Idrus, S. W., & Rahmawati, R. 2021. Analisis Proses Pembelajaran Daring

Selama Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kim/ia Fkip Unram. Pensa, 3(1), 139–148.

Al-Idrus, S. W., & Rahmawati, R. 2021. Analisis Proses Pembelajaran Daring

Selama Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan

Kimia Fkip Unram. Pensa, 3(1), 139–148.

Alma, B. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Anggresta, V. 2015. “Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”. Journal of Economic and Economic Education, 4(1), 19-29.

Arikunto. S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. 2021. Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Dawn, L. 2019. Gentle Discipline 50 Cara Efektif Menanamkan Tingkah Laku Positif pada Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Dwi , P. 2019. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Elly, R. 2015. Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh.

Fauzi, M, I. 2013. Hubungan disiplin belajar di rumah dan di sekolah dengan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD se-Gugus Dewi Sartika Uppd Tegal Selatan Kota Tegal 2012/2013.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Habib, M, I, Saputra, H, H, Oktaviyanti, I. 2022. Implementasi Pembelajaran Daring dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN Gunung Amuk Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (1): 204 – 207.

Hakim, M. S. H. I. 2020. Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8

Herlina, F, D, P. 2015. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa Pada Saat Layanan Pembelajaran di Kelas II SMU Negeri 1 Limbanan Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi Bimbingan Konseling FIP UNNES. Diakses dari http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index/assc?HASHa958/4a88d4 65.dir/doc.pdf. pada tanggal 17 Februari 2021, jam 20.15 WIB.

Hurlock, E. 1978. Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Larry J, K. 2013. Smart Discipline Menanamkan Disiplin dan Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Maria, J. 2015. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada anak Usia Dini. Depdiknas: Jakarta.

Maskar, S. 2020. Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 154-166.

Muhibbin, S. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Journal.uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/1364

diakses pada 23 Agustus 2020.

Putri, N. L., Hakim, A., & Junaidi, E. (2015). Pengaruh Penerapan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Koloid Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. Widya Pustaka Pendidikan, 3(1), 1-10.

Riduwan. 2016. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Saefullah, A. 2013. Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Kimia Berbasis Portofolio

Saifudin, A. 2016. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samudera, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Bidang Pendidikan Di KotaMataram. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(3), 154-158.

Sari, R, R, 2016. Efektivitas Belajar Dari Rumah. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, S. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., dan Rodiyah, S. K. 2018. ”Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Tulus, W. 2016. Statistika dalam Penelitian Psikkologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Wardani, A., & Ayriza, Y. 2020. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Warta, I., Yudana, M., & Natajaya, N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi belajar kimia Ditinjau Dari Konsep Diri Akademik Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sukawati. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, IV, 3-11.

Yusuf, T. 2020. Gaya Hidup Orang Percaya Berlandaskan Mazmur 91 : 1-16 Dalam Menyikapi Masalah Virus Corona (Covid-19) Masa Kini. Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

Published

2021-12-31