Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Siswa di Mts. Attarbiyah Addiniyah Gersik

Authors

  • Muh. Asroruddin al Jumhuri STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Agama Islam, dan Nilai-Nilai Religius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius pada siswa di MTs. Attarbiyah Addiniyah Gersik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Kepala Madrasah, Guru, dan di MTs. Attarbiyah Addiniyah Gersik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu pedoman wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan MTs. Attarbiyah Addiniyah Gersik dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, santun dalam berbicara, sopan dalam bersikap, dan saling menghormati baik dengan guru maupun sesama teman. Kemudian terkait program-program dalam kurikulum khusus mengenai keagamaan, seperti diadakannya TPA yang dilakukan di satu jam pertama, kemudian sholat dhuha berjamaah yang dilakukan menjelang waktu istirahat, sholat dhuhur berjamaah, kemudian adanya pembinaan bakat seperti tahfid, pidato, kultum bagi laki-laki dan juga adanya ceramah atau kajian yang dilakukan setiap hari sabtu selepas sholat dhuhur, infaq setiap hari jum’at dan juga menghafalkan surat-surat pilihan dalam Al-Qur’an, kemudian keteladan dan kedisiplinan yang diberikan oleh semua warga sekolah. Program dan pengkondisian sekolah yang ciptakan sedemikian rupa tersebut dilakukan dengan harapan dapat menjadikan siswa yang beriman, taat kepada Allah SWT, berakhlakul karimah, dan memiliki jiwa sosial yang baik.

References

Abd Kadim Masaong, Supervii pengajaran dan pengembangan kapasitas Guru, (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013), 196

Abdillah, 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung

Ahmad Ramadhan, Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene, Journalof Educational Science and Technology (EST), Vol.3,No.2,2017:137,https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Andang. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: ArRuzz Media. 2014. Arcaro, Jeromi S. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan

Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2006.

Arikunto, Suhaisimi. Prosedur Penelitian - Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 1998. Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007.

Az-Zuhaili, Wahbah. Fiqih Islam Wa Adillatuhu. Damaskus: Darul Fikr. 2007. Bogdan, R.C, & Biklen. Qualitative Research For Education an Introductionto

theory and Methods. Qostoa: AUyn & Bacon Inc. 1982.

Burhanuddin. (2011). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan

Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. h. 90.

Buchari Alma, (2009) Guru Professional (Menguasai Metode dan Terampil

Mengajar), Bandung, Alfabeta, , h. 141.

Dadang Suhardan, Supervisi Profesional: Layanan dalam Meningkatkan Mutu pmbelajaran di Era Otonomi Daerah (Bandung: Alfabeta,2020),194

Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. 2007. Dimyati dkk. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 1999.

Didin Kurniadin dan Imam Machali. (2016). Manajemen Pendidikan: Konsep

& Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, h. 302.

Dimyati, Hamdan. Model Kepemimpinan Dan Sistem Pengambilan

Keputusan. Bandung: Pustaka Setia. 2014. Dit. Dikdasmen, Depdiknas. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah, Buku Konsep dan Pelaksana. Jakarta. 2001.

Djati Sidi, Indra. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Logos.

Fatimah, Siti. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SMP IT Smart Cendekia Karanganom Klaten” Tesis. Surakarta: IAIN Surakarta. 2019.

Fattah, Nanang. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.

Frimayanti. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam

Hadari Nawawi. (2010). Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gajah

Mada University Press. h. 89

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2007. Idris, Zahara dan Lisma Jamal. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. 1992.

Isnanto. “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Ma’arif NU 04 Tamansari dan MTs Ma’arif NU 16Sirau Karangmoncol Purbalingga” Tesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto. 2017.

Jejen Musfah. (2015). Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, dan Praktik.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar. h. 56

Moch Idochi Anwar. (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya

Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. h. 91

Moch Idochi Anwar. (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya

Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. h. 91

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian kualitatif. Baadung, Ramaja Rosdakarya. 2000.

Muhaimin. (2011). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Menyusun

Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana. h. 29

Mulyasa, E. Manajemen Dan Kepemimimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Bumi Aksara. 2013.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.

Nafis, Ahmadi H. Syukron. Pendidikan Madrasah: Dimensi Profesional dan

Kekinian. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo. 2010.

Nasution, S.. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Aditya Bakti. 1991.

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan

Islam. 2003.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008

Perdani, Kurnia Putri “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kompetensi Kewirausahaan di SMK Islam AlQomar Nganjuk” Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2019.

Piet A. Sahertian, konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia(Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2008), 18

Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1992.

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos. 2001. Roestiyah. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: PT. Bina Aksari. 1982.

Rohiat. Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama. 2010. Rohmat. Kepemimpinan Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press. 2010.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS. 2009.

Rusman, (2011), Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Jakarta: Rajawali Pers, h. 54

Sahertian, Piet A. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset. 1994. Said, M. Mas’ud. Kepemimpinan Pengembangan Organisasi Team Building

dan Perilaku Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press. 2010.

Saumur dan Jufri, 2020. Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Relegius Pada Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat

Sallis, Edward. Total Quality Management In Education (alft Bahasa Ahmad Ali Riyadi). Yogyakarta: IRCiSoD. 2006.. Sergiovanni. The Principal Chip A Reflective Practice Perspective Fifth Edition. Boston: Pearson. 2006.

Sejathi, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Upaya Peningkatan

Profesionalisme Guru, di akses pada tanggal 17 Februari 2022 dari http://www.

Shvoong.com/2011

Slameto,Supervisi Pendidikan oleh Pengawas Sekolah, Kelola: Jurnal ManajemenPeno/o/fcan,Vol.3,No.2,April-Desember 2016: 194

Sonhaji, Ahmad. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan. Banjannasin: Universitas Lambung Mangkurat. 2003.

Sudjana, Nana. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung. 1991.

Sumayang, Lalu. Manajemen produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat. 2003. Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.

Suriyati. “Kepemimpinan dan Peningkatan Profesionalisme Guru”. Jurnal

Tarbiyah. Vol. 22 No. 1. Summer Januari-April 2015. h. 45

Syaiful Sagala, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012, 89

Syaiful Sagala. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga

Kependidikan. Bandung: Alfabeta. h. 12

Syafaruddin. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung:

CitaPustaka Media. h. 140

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1991.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS): Beserta Penjelasannya ( Bandung: Citra Umbara, 2003),

W, Manca. Etnogrqfi Desain Penelitian Kualitatif, dan Manajemen

Pendidikan. Malang: Wineka Media. 2004.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013. Williams-Boyd, Pat. Educational Leadership. (California: ABC-CLIO, inc. 2002.). E-Book. Yahya, M. Metodologi Penelitian rtiset dan teori. Banjannasin: STIA Bina Banua. 2004.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan

Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. h. 151.

Yahya, M.. Metodologi Penelitian rtiset dan teori.Banjannasin: STIA Bina Banua. 2004.

Zamroni. Meningkatkan Mutu Sekolah. Jakarta: PSAP Muhamadiyah,. 2007.

Published

2022-12-30