Pengembangan Bahan Ajar Impelementasi Pembelajaran Integratif Pai-Bahasa Inggris di SMP IT Abata Lombok

Authors

  • Andrian Firdaus STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat

DOI:

https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v7i02.241

Keywords:

Pengembangan Bahan Ajar Impelementasi Pembelajaran Integratif PAI-Bahasa Inggris

Abstract

Peneliti bertujuan mengetahui pembelajaran integratif PAI-Bahasa Inggris di SMP IT ABATA LOMBOK melalui pengembangan bahan buku ajar di SMP IT ABATA LOMBOK. dan ada pun faktor-faktor penghabat dan pendukung yang menjadi problem kurang krativitas  dalam proses pembelajaran di sekolah SMP IT ABATA LOMBOK. maka kita perlu guru kreatif dalam membuat pembelajaran. Langkah untuk di kembangkan sebuah produk pertama guru harus kratif dalam memahami buku ajar yang udh di uji cobakan lalu di guru memahami model pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik harus mengetahui fase dalam pembelajaran kurikulum merdeka walaupun masih ada berapa kelas menerapkan kurikulum 2013.

References

Abudin Nata, “Islamic Education in Indonesia: Opportunity and Challenge”. Surat Kita. Edisi November, 2010. H. 11

Abudin Nata, “Islamic Education in Indonesia”. H. 11

Dokumen Kurikulum 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Desember 2012, h. 2

Fajar Sulthoni Aziz. “Implementasi Paradigma Integrasi-Interkoneksi dalam Pembelajaran Fisika”, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, (Yogyakarta: UNY), 14 Mei 2011

Hasbullah, 2001, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada, cet II 2001. hlm.2

Masrukhi, 2008. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pembangun Karakter”. Disertasi Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan. (Semarang: UNNES). H. 27-28. T.d.

Materi adalah sejenis substansi yang bersifat fisik dan dapat diketahui dengan pengalaman inderawi. cara pandang bahwa hakikat dari realitas adalah materia disebut dengan materialisme. Louis O. Kattsof, 2004, Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana, cet IX, h. 53.

Mendikbud Resmikan Kurikulum 2013 www.m.republika.co.id juli 2013.

Moh. Roqib, 2011. Ilpu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif. Yogyakarta: LkiS Group. Cet. I, h. 7

Muhammad Baqir. “Pendidikan Islam dalam Persopektif Tasawuf”. Surat Kita. Edisi November, 2010. H. 22 Rasionalisme ialah paham yang mengatakan bahwa akaladalah alat pencari dan pengukur pengetahuan, pengetahuan dicari dengan akal dan temuannyapun diukur dengan akal. Ahmad Tafsir, 2012. Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet. XII, h. 30

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA, cet XVIII, h. 407.

Published

2022-12-30