Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di SD IT ABATA Lombok

Authors

  • Alfan Hadi STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat

DOI:

https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v7i02.240

Keywords:

Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) , Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan dari metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada proses belajar mengajar serta hambatan-hambatan apa saja yang dialami ketika mempraktikkan metode SAS dikelas. Langkah pertama yang harus di lakukan oleh seorang guru adalah memilih dan menentukan metode yang tepat dengan tujuan peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi yang di ajarkan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,dokumentasi, dan observasi. Dari hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa Metode SAS sangat disarankan untuk digunakan dalam proses pembelajaran dikarenakan dapat memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memahami pelajaran.

References

Creswell, John W. 2014. Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approache. United States of America: SAGE Publications, Inc

Hadi, A. (2021). Motivasi Siswa Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Pada Ma Attarbiyah Addiniyah Gersik Kediri Lombok Barat. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(02), 203-209. Available at https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/alamin/issue/view/16

Kabir, Syed Muhammad. (2016). Introduction To Research.

Saragih, Enny. Struktural Analitik Sintetik (Sas) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah. Attadib: Journal of Elementary Education, [S.l.], p. 27-42, aug. 2018. ISSN 2614-1752. Available at: https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/244

Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(5), 1083-1091. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7837.

Zikmundova, Eva, English as a lingua franca: Theory and Practical implications, Pilsen: University of West Bohemia, 2016.

Published

2022-12-30