ANALISIS PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP NW SEMAYA

Authors

  • Rosiana Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Komaruddin Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Safinah Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.75

Keywords:

Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Baca Tulis AL-Qur’an

Abstract

penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data adalah Guru dan Peserta didik. Instrumen yang digunakan Pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yang digunakan : teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Peran guru pendidikan agama islam sebagai pengajar, mendidik, dan melatih. Guru menggunakan metode membaca terlebih dahulu sebelum memulai pelajarann dan menjelaskan makhrijul cara pembacaan yang benar dalam membaca dan menggunakan metode menulis huruf AL-Qur’an dan peran guru bukan saja sebagai pemberi arahan, pendidik tetapi guru juga berperan aktif sebagai orang tua atan sahabat siswa. Kesulitan siswa dalam membaca dan menulis AL-Qur’an meskipun belum begitu optimal, Peserta didik yang masih kurang dalam membaca dan menulis maka peran guru mengadakan les sore, mendatangkan tutor untuk mengajar anak-anak yang kesulitan atau kurang mampu dalam membaca AL-Qur’an dan tidak bosan-bosan guru memotivasi siswa agar tetap membiasakan diri menulis dan sekali-kali membaca agar tidak terlalu pesat pengetahuannya. Guru selalu mencari cara atau metode agar semua permasalahan yang dialami siswa cepat teratasi. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis AL-Qur’an adapun faktor pendukung dalam mengatasi siswa yaitu: Tersedianya sarana dan prasarana untuk memudahkan peserta didik dan adapun faktor penghambatnya yaitu: kurangnya semangat dari siswa untuk membaca dan menulis, kurangnya kedisiplinan dari siswa.

References

Ahmad, H. Abu. (1998) Psikologi Umum. (Jakarta:PT Rineka Cipta)

Djalaludin, (2004) Metode Tunjuk Silang Belajar Membaca AL-Qur’an, (Jakarta: Kalam Mulia,)

Ibrahim Amini, (2006) Agar Tak Salah Mendidik,(Jakarta: Al-Huda,)

Khusnul Khotima, (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis AL-qur’an Siswa SMP Negeri 1 Bajeng Kab. Gowa (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar,)

Muhammad Yasir, S. Th.I, MA dan Ade Jamaruddin, MA, (2016) Studi AL’Qur’an, Asa Riau (CV. Asa Riau.)

M. Nur Abduh Hafizh, (1997) Mendidik Anak Bersama Rosulullah, (Bandung: Al-Bayan,)

Muhib Dan Muhammad Khair, (2005) Anakku Hafal AL-Qur’an,(Solo: Qauna-Smart Media,)

Said Agil, Al-Munawwar, (2005) Aktualisasi Nilai-nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam Cet. II; Jakarta: PT. Ciputat Press.

Slameto, (2008) Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (Cet. X1; Jakarta : Bina Aksara,)

Yusuf Musa, (1988) Al-qur’an dan Filsafat, (Jakarta: Bulan Bintang,)

Zakiah Daradjat, (2009) Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara,)

Zuhairini, (1994) Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Aksara,)

Suryadi, M. A. R., & Zulkifli, M. (2021). Strategi Guru Pai Dalam Menerapkan Budaya Literasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sma Nw Suralaga. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 81-89.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Rosiana, Komaruddin, & Safinah. (2022). ANALISIS PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMP NW SEMAYA . Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 130–147. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.75