PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP SISWA MELALUI SISTEM ASRAMA DI MTS NURUL MUJTAHIDIN NW LEMPUAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Ervina Susilawati Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Ratnatul Faizah Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Nur Hamiyetun Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.60

Keywords:

Karakter Religius, Sistem Asrama

Abstract

Pondok pesantren (asrama) merupakan salah satu lembaga yang efektif dan menunjang dalam penanaman nilai-nilai karakter religius. Diantara nilai-nilai karakter religius tersebut adalah nilai ibadah, nilai akhlak, nilai kedisiplinan, nilai keteladanan, serta nilai amanah dan ikhlas. Karena di asrama peserta didik akan tetap di kontrol oleh pengasuh/ pembina asrama tersebut, sehingga waktunya tidak terbuang oleh hal-hal yang kurang bermanfaat, dan ia terjaga dari pergaulan kurang baik diluar sana sehingga siswa juga akan menjadi disiplin waktu, disiplin beribadah. Keberhasilan pembentukan karakter dapat diketahui dari berbagai perilaku sehari-hari peserta didik dan warga sekolah lainnya, perilaku tersebut antara lain diwujudkan dalam bentuk: kesadaran, kejujuran, keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, kepedulian, kebebasan dalam bertindak, kecermatan ketelitian, dan komitmen. Siswa yang berasrama dapat dibedakan dari segi sikap, sikap sesama teman, sesama guru, dan sesama warga sekolah. siswa yang berasrama akan lebih berakhlakul karimah, akan lebih sopan dalam bertutur karena di asrama juga di ajarkan bertutur kata yang baik dan sopan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Pembentukan Karakter Religius Terhadap Siswa Melalui Sistem Asrama Di MTs Nurul Mujtahidin NW Lempuan, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat saat mengikuti Pembentukan Karakter Religius Terhadap Siswa Melalui Sistem Asrama Di MTs Nurul Mujtahidin NW Lempuan

References

Hasanah, U. (2016). Pembentukan Karakter Religius. Skripsi. IAIN Purwakerto

Mugni. (2015). Dimendi-Dimensi Praktik Pendidikan & Politik. Kota Seran Baru: Cv Dunia Kata.

Sahlan, et al. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Yoyakarta: Ar Ruz Media.

Sugiono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Syafii, AU. (2014). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ulwan, NA. (1981). Pendoman pendidikan anak dalam islam. Semarang: as-Syifa.

Walad, M. (2021). Strategi Penanaman Karakter Islami dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Darussholihin NW Kalijaga. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 28-37.

Zogora, AU. & Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Ilmiah. Jojakarta: Penerbit Kbm Indonesia

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Ervina Susilawati, Ratnatul Faizah, & Nur Hamiyetun. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP SISWA MELALUI SISTEM ASRAMA DI MTS NURUL MUJTAHIDIN NW LEMPUAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.60