KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII B MTS NW MONTONG BA’AN TP. 2021/2022

Penulis

  • Enawati Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
  • H. Azharullail Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • H. Hakkul Yakin Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.74

Kata Kunci:

Kreativitas Guru Fiqih dalam Meningkatkan Prestasi Siswa

Abstrak

: Ketertarikan saya untuk meneliti judul ini, karena saya tertarik dan ingin menambah wawasan tentang kreativitas  guru fikih disekolah. Kita ketahui bahwa, Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Manusia hidup di dunia membutuhkan pendidikan, karena mereka lahir tidak mengetahui sesuatu apapun, akan tetapi dianugerahi oleh Allah SWT. Berupa panca indera, pikiran, dan rasa sebagai modal untuk menerima ilmu pengetahuan. Untuk mengembangkan potensi atau kemampuan dasar tersebut, maka manusia harus mendapatkan pendidikan. Dalam kehidupan manusia Pendidikan memiliki manfaat yang sangat besar. Banyak pihak yang meyakini bahwa pendidikan merupakan instrument paling penting sekaligus paling strategis untuk mencapai tujuan individual dan sosial. Pendidikan menjadi tumpuan harapan bagi sebagian besar masyarakat. Sebab pendidikan diyakini akan mampu memberikan gambaran masa depan yang lebih cerah. Dan rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana bentuk kreativitas fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas VII B di Mts NW Montong Baan?Apa saja faktor penghambat guru fiqih dalam melaksanakan kreativitas di Kelas VII B di Mts NW Montong Baan?Bagaimana hasil kreativitas guru fiqih di kelas VII B Mts NW Montong Baan? Dan juga tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut: Untuk mengetahui kreativitas Guru fiqih dalam proses pembelajaran di Mts NW Montong Baan. Untuk Mengetahui Faktor penghambat guru fiqih dalam menjalankan kreativitas di Mts NW Montong Baan. Untuk mengetahui hasil kreativitas Guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar Kelas VII B di Mts NW Montong Baan. Jenis penelitian yang saya gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif. Intrumen yang digunakan adalah, Leptop, dokumen, buku dll

Referensi

Ahmad Tanzeh dan Suyitno,(2006), Dasar-dasar Penelitian, Surabaya: elKaf.

Binti Maunah, (2009), ilmu Pendidikan, Yogyakarta : TERAS.

file:///C:/Users/Pioner Computer/Download/12110134. pdf

https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/11792.full_Text.pdf

Moeloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif.

Muhammad Ali dan Muhammad Asrori, (2006), Psikologi Remaja, Perkembangan Pesertadidik, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ngainun Naim, (2009), rekonstruksi Pendidikan Nasional. Yogyakarta: TERAS.

Nunu Ahmad An-Nahidl, (2010), Pendidikan Agama di Indonesia, Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Saifuddin Azwar,(2014), Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya,Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.

Syaful Bahri Djamarah, (1994), Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.

Tanzeh,(2011), Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras.

Zulkifli M, (2021), Penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih, an-Nahdlah jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Agustus. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.13

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Enawati, H. Azharullail, & H. Hakkul Yakin. (2022). KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII B MTS NW MONTONG BA’AN TP. 2021/2022. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 121–129. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.74

Terbitan

Bagian

Articles