PERANAN KEPALA MADRASAH DALAM MENYELENGGARAKAN PROSES PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID 19 DAN NEW NORMAL

Authors

  • Abdul Waris Hamid Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
  • Komaruddin Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Safinah Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.70

Keywords:

peran kepala madrasah di masa pandemi covid 19.

Abstract

Seorang kepala madrasah dalam organisasi sangat di butuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah di tetapkan. peran kepala madrasah sangat penting bagi guru dan para siswa terutama sekali di masa pandemi sekarang ini seorang kepala madrasah sangat di butuhakan untuk memotivasi, mengontrol siswa dan guru untuk melaksanakan peroses pembelajaran untuk terbentuknya peserta didik yang bermutu. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pran kepala madrasah dalam menyelenggarakan peroses pembelajaran saat pandemi covid 19 di MTs darussalimin NW sengkol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data di lakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: peran kepala madrasah dalam menyelenggarakan peroses pembelajaran saat pandemi covid 19 dan new normal di MTs DarussaliminNW sengkol dan peran kepala madrasah sebagai supervisor mensupervisi setiap proses pembelajaran di masa pandemi covid 19 dan educator atau pembinaan mental dengan melatih para siswa untuk berpidato di hadapan teman-teman nya. Pembinaan moral dengan memberikan arahan setiap harinya.

References

Agustin, (2011), Permasalahan Belajar Dan Inovasi Belajar, Bandung, Pt. Rafika Aditama

Basri, (2014), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Pustaka Setia

E.Mulyasa, (2011), Menjadi Kepala Sekolah Profisonal, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasil Wawan Cara (2021) Dengan Bapak Muh Hipzunnasri,S.Si., M.Pd Selaku Guru Di Mts Darussalimin NW Sengkol 25 Agustus.

Hasil Wawancara, (2021), Dengan Bapak Gede Nursam, S.Pd,I Selaku Kepala Madrasah Mts Darussalimin NW Sengkol Pada Tanggal 22 september.

Hasil Wawancara, (2021), Dengan Bapak Husnu Maab, QH. S.Pd,I M.Pd Selaku Kepala Madrasah Mts Darussalimin NW Sengkol Pada Tanggal 23 Agustus.

Http://Kompaspedia.Kompas.Id Jumat,23,Juni,2021,Pukul 20:30.

Lexy.J.Moleong, (2016), Metode Penelitian Kualitatif, Rosda.

Miftha Toha,(2004), Kepemimpinan Dalam Menejemen, Jakarta: PT. Made Pidarta.

Ngalim Purwant, (1992), Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Subiyakto,B,Susanto,H.Dan Akmal,H, (2019), Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informas, Alfa Beta

Sugiyono,(2012), Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, Bandung: Alfa Beta.

Wahjosumidjo,(2001), Kepemimpinan Kepala Madrasah Tujuan Teoritik Dan Permasalahan, Jakarta:PT.Raja Grapindo Persada.

Wahjosumidjo,(2001), Kepemimpinan Kepala Madrasah Tujuan Teoritik Dan Permasalahan, Jakarta: Pt.Raja Grapindo Persada.

Zulkifli M, (2021), Penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih, an-Nahdlah jurnal pendidikan islam, 1(1), Agustus.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Abdul Waris Hamid, Komaruddin, & Safinah. (2022). PERANAN KEPALA MADRASAH DALAM MENYELENGGARAKAN PROSES PEMBELAJARAN SAAT MASA PANDEMI COVID 19 DAN NEW NORMAL. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 73–86. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.70