POLA INTERAKSI GURU PAI DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Muhammad Zubaedi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
  • Azharullail Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • H. Hakkul Yakin Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.73

Keywords:

Pola Interaksi Guru PAI, Meningkatkan Prestasi Belajar

Abstract

Tanpa adanya interaksi dengan siswa guru PAI tidak akan bisa mengetahui apa saja yang dapat membuat siswa semangat dalam belajar sehingga kedekatan antara keduanya haruslah ditingkatkan atau guru berinisiatif untuk terlebih dahulu berinteraksi dengan para siswanya. Karena siswa pasti akan berinteraksi dengan siswa yang seumuran dengannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi guru PAI dengan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis dan pedagogig. Adapun hasil penelitian ini menemukan: Pertama, pola interaksi antara guru dengan siswa adalah pola interaksi tiga arah, pola seperti ini memberikan keleluasaan kepada guru dan murid di dalam kelas. Hal ini dikarenakan tingkat pola interaksi ketika yang digunakan hanya satu arah, maka guru saja yang akan terus berbicara, berbeda dengan menggunakan pola interaksi dua arah dan bahkan tiga arah.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010), Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.

Effendy, Onong Uchjana.( 1999) Dimensi-Dimensi Komunikasi Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Nasution, S, (1990), Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar, Jakarta: Bina Aksara

Nur Uhbiyati, (2017), Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Suryobroto B, (1997), Proses belajar mengajar disekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. (1990), Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Rajawali Persada.

Zulkifli M, dan Hady R, (2021) Penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih, an-Nahdlah jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Agustus.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Muhammad Zubaedi, Azharullail, & H. Hakkul Yakin. (2022). POLA INTERAKSI GURU PAI DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 112–120. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.73