POLA INTERAKSI GURU PAI DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.73Keywords:
Pola Interaksi Guru PAI, Meningkatkan Prestasi BelajarAbstract
Tanpa adanya interaksi dengan siswa guru PAI tidak akan bisa mengetahui apa saja yang dapat membuat siswa semangat dalam belajar sehingga kedekatan antara keduanya haruslah ditingkatkan atau guru berinisiatif untuk terlebih dahulu berinteraksi dengan para siswanya. Karena siswa pasti akan berinteraksi dengan siswa yang seumuran dengannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi guru PAI dengan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis dan pedagogig. Adapun hasil penelitian ini menemukan: Pertama, pola interaksi antara guru dengan siswa adalah pola interaksi tiga arah, pola seperti ini memberikan keleluasaan kepada guru dan murid di dalam kelas. Hal ini dikarenakan tingkat pola interaksi ketika yang digunakan hanya satu arah, maka guru saja yang akan terus berbicara, berbeda dengan menggunakan pola interaksi dua arah dan bahkan tiga arah.
References
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010), Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000.
Effendy, Onong Uchjana.( 1999) Dimensi-Dimensi Komunikasi Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Nasution, S, (1990), Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar, Jakarta: Bina Aksara
Nur Uhbiyati, (2017), Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Suryobroto B, (1997), Proses belajar mengajar disekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. (1990), Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Rajawali Persada.
Zulkifli M, dan Hady R, (2021) Penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih, an-Nahdlah jurnal Pendidikan Islam, 1(1), Agustus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Zubaedi, Azharullail, H. Hakkul Yakin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.