DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MA NW LENEK TAHUN PELAJARAN 2021-2022)

Authors

  • Syawaludin Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
  • M. Ikhwanul Hakim Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muyassaroh Zaini Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.69

Keywords:

Dampak Media sosial, Ahlak peserta didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial terhadap akhlak peserta didik dan mendapatkan solusi-solusi mencegah dampak negatifnya dan meningkatkan dampak positifnya untuk perkembangan akhlak peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya menggunakan data primer dan data skunder. Data primer terdiri dari guru, kepala madrasah, dan peserta didik kelas XII. Data skunder berupa dokumen, foto, buku, artikel, dan jurnal. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dampak media sosial terhadap akhlak peserta didik mencakup dampak positif dan negatif. Adapun dampak positifnya seperti ahlak yang semakin meningkat bila mana di gunakan untuk mencari ilmu memperluas wawasan dan di gunakan secara bijak. Bukan hanya dirinya sendiri namun bisa mengajak orang lain membagi syiar agama dengan cepat. Dampak negatifanya bagi akhlak, kuraang sopan dalam berbicara dan bertindak karena cenderung mengikuti gaya oarang yang di lihat di media sosial. Semua itu bergantung pada pengarahan dan pengawasan penggunaan media sosial (2) Solusi untuk meningkatkan ahlak peserta didik dengan adanya media sosial adalah dengan melakukan pengawasan pengarahan berupa adukasi, motifasi dan pendidikan ahlak bagi peserta didik, kemudian menambah waktu pengawasan dengan cara memberikan program-program tambahan yang bermanfaat untuk ahlak mereka, mengikut sertakan kedua orang tua untuk membantu guru, dan yang terakhir membentuk tim kerja dari mereka.

References

Agusta Ivanovich,Tehinik Pengumpulan Data dan Analisis Data Kualitatif. Analisi data kualitatifhttps://scholar.google.co.id(di akses tanggal 12 juli 2021)

Arsyad. 2017. Media Pembelajaran .Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ibrohim Bafadhol. 2017. Pendidikan Ahlak Dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2) 1.

Nardi. 2017. Media sosial Facebook dan kualitas belajar siswa studi kasus SMA Negri 1 bajeng Kabupaten Gowa). Skripsi UIN Alaudin makassar.

Utami. 2020. Pengaruh penggunaan Media sosial Terhadap Ahlak Siswa di MTS Islamiyah Kerakap. Skripsi IAIN Bengkulu.

Holmes, D. 2012. Teori komunikasi, Media, Teknologi, dan Masyarakat.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khairuni, N. 2016. Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Ahlak Anak: Jurnal Edukasi, 2(1):99

Walad M, (2021) Strategi Penanaman Karakter Islami dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Darussholihin NW Kalijaga, an-Nahdlah jurnal pendidikan islam, 1(1), Agustus.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Syawaludin, M. Ikhwanul Hakim, & Muyassaroh Zaini. (2022). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MA NW LENEK TAHUN PELAJARAN 2021-2022). Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 60–72. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.69