UPAYA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS (ROHANI ISLAM)

Authors

  • Nurhaini Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muh. Irawan Zuliatul Apri Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Helmi Najamudin Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.63

Keywords:

Ekstrakurikuler ROHIS, Karakter Religius

Abstract

: Internalisasi nilai karakter religius melalui program Rohis (rohani Islam) di sekolah dipandang sangat penting. Melihat dewasa ini laku dari generasi milenial sangat rentan mengalami krisis keagamaan. Peserta didik di sekolah-sekolah pun tidak luput dari danpak perkembangan zaman dana atau lingkungan yang apatis terhadap nilai religiusitas. Di SMP 2 Terara juga mengalami kasus demikian. Sehingga para pemangku kebijakan di sekolah menerapkan program ekstrakurikuler berupa Rohis, dengan tujuan menambah jam pengayaan  nilai-nilai keagamaan. Adapun tujuan penelitian ini  adalah untuk mengkaji tentang upaya sekolah dalam menanamkan nilai karakter religius melalui kegiatan ekstrakulikuler ROHIS. Sedangkan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara hasil dari penelitian ini adalah penanaman nilai religius. di SMP Negri 2 Terara tidak lepas dari tiga nilai, yakni Pertama, Nilai akidah; Kedua, Ibadah; dan Ketiga, Akhlak. Metode yang digunakan juga dengan metode ceramah, pembiasaan dan keteladanan. Adapun dampak yang dihasilkan cukup signifikan yang dibuktikan dengan perubahan prilaku pada siswa, yang sebelumnya kurang baik menjadi lebih baik.

References

Apriani, S. (2020). Peranan Ekstrakurikuler ROHIS (Rohani Islam) Dalam Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik Di SMPN 16 Bandar Lampung.

Hambali, M. (2018) Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Di Kota Majapahit.

Lestari, Y, R. (2018). Kerohanian Islam Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Univesrsitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Lickona, T. (2015). Education For Character mendidik untuk membentuk karakter, (Jakarta: PT bumi aksara)

Maulana. S, M. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler ROHIS .Di SMA Negeri 1 Mendo Barat.

Syurybrata, S. (2010). MetodologiPenelitian, Jakarta :Rajawali Pers.

Walad muzakkir. (2021). Strategi Penanaman Karakter Islami dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Darussholihin NW Kalijaga.

Downloads

Published

2022-01-28 — Updated on 2022-01-31

How to Cite

Nurhaini, Muh. Irawan Zuliatul Apri, & Helmi Najamudin. (2022). UPAYA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS (ROHANI ISLAM). Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 26–38. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.63