PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD/MI

Authors

  • Suparlan parlan STIT PN
  • Ayatullah STIT Palapa Nusantara
  • Abdurrahim STIT Palapa Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v2i1.264

Keywords:

Peran Guru, Pengembangan Kurikulum

Abstract

Istilah pengembangan menunjukkan pada suatu kegiatan menghasilkan suatu alat atau cara yang baru, dimana selama kegiatan tersebut penilaian dan penyempurnaan terhadap alat atau cara tersebut terus dilakukan. Kegiatan pengembangan kurikulum mencakup penyusunan kurikulum itu sendiri, pelaksanaan di sekolah-sekolah yang disertai dengan penilaian yang intensif, dan penyempurnaan-penyempurnaan yang dilakukan terhadap komponen-komponen tertentu dari kurikulum tersebut diatas dasar hasil penilaian. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

References

Abdullah. H Nata, Pemikiran Pendidikan Islam & Barat, Jakarta, PT RajaGrapindo Persada: 2013.

Ali. Mohamad, Pengembangan Kurikulum Di Sekolah, Bandung: Sinar Baru, 1985.

Arifin. Zainal, Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Hidayat. Sholehah, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Idi. Abdullah, Pengembangan Kurikulum , Jogjakarta: AR-RUZZ Media, 2010.

---------------Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik, Jogjakarta: AR-RUZZ Media, 2013.

Iwan Setiawan, Tokoh-Tokoh Fenomenal Paling Mempengaruhi Wajah Indonesia, Jogjakarta: Laksana, 2011.

Minarti. Sri, Manajemen Sekolah, Jakarta:AR-RUZZ Media, 2011.

Nasution. S, Asas-Asas Kurikulum, Bandung: Jemmars Bandung,1990.

Oemar. H Hamalik, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

---------------Administrasi Dan Supervise Pengembangan Kurikulum, Bandung: Mandar Maju, 1992.

Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta:PT RajaGrapindo Persada, 2009.

Sanjaya. Wina, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Syaodih. Nana Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Zaini. Muhammad, Pengembangan Kurikulum,Yogyakarta: Teras, 2009.

Panduan Teknis Pengembangan Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (Dokumen Utama). Disusun Oleh Tim Pengmbang Kurikulum Program Pendidikan Dasar Kemitraan Australia Indonesia , Jakarta, 1 Januari 2009

Published

2023-02-18

How to Cite

parlan, S., Ayatullah, & Abdurrahim. (2023). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD/MI. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v2i1.264