UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA PADA MASA NEW NORMAL DI SMPN 01 WANASABA

Authors

  • Maslihatur Radiah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muh Irawan Zuliatul Apri Dosen Tetap Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Helmi Najamudin Dosen Tetap Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i4.215

Keywords:

Upaya Kepala Sekolah, Problematika Belajar Siswa, New Normal

Abstract

New normal dalam dunia pendidikan merupakan proses pembelajaran tatap muka di tengah pandemi covid-19. Mengingat jam belajar tatap muka di sekolah yang begitu singkat mengakibatkan munculnya berbagai macam masalah belajar siswa. Maka dalam penelitian ini dibahas permasalahan tentunya bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengatasi problematika belajar siswa pada masa New Normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam mengatasi problematika belajar siswa pada masa New Normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa upaya atau cara yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mengatasi problematika belajar siswa yaitu pertama dengan melakukan suatu perencanaan dimana kepala sekolah berkolaborasi dengan guru dalam menyusun rencana pembelajaran. Kedua pelaksanaan,yaitu dengan membagi rombongan belajar tatap muka serta tetap menerapkan pembelajaran melalui daring. Ketiga kerjasama, yaitu kepala sekolah melakukan kerjasama dengan orang tua siswa selama pembelajaran melalui daring

References

Ansori, M. 2019. Dimensi HAM dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nomor 20 Tahun 2003. Kediri: IAIFA Press.

Bararah, I. 2017. Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna. 7(1): 131-147

Fauziah, S. D. 2018. Upaya Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Metro. Skripsi. IAIN Metro.

Hasanah N. et al. Pola Kerjasama Guru dan Orang Tua pada Masa Pandemi Covid-19 di RA Masjid Agung Medan Polonia. Jurnal Pendidikan Islam. 1(2): 165-183

Khoiri, A. N., & Latipah, E. (2022). PERBEDAAN TUJUAN SISWA DI SEKOLAH DAN UPAYA GURU DALAM MENDORONG TUJUAN BELAJAR PADA SISWA. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 22-33.

Maria, R et al., 2021. Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. 5(2): 89-95

Nasution, M, K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. 11(1): 9-16.

Ranchman, S. A. 2020. Penguatan Peran Orang Tua dalam Mendampingi Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age. 4(2): 322-332

Saepudin, S. W. et al. 2020. Menganalisis Peran Guru Mengenai Kesiapan Kegiatan Pembelajaran dalam Menghadapi Masa New Normal di Sekolah Dasar. Jurnal Perseda. 3(2): 105-109

Thala'at, M., & Nur, M. R. (2022). Islamic PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER DAN MORAL SISWA DI SMK NW ANJANI. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 34-44.

Waluyati, I. et al. 2020. Penerapan New Normal dalam Masa Pandemi Covid-19 diSekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi. 3(2): 50-61.

William, I &Manalu, N, V. 2021. Analisis Kesiapan Guru dan Staff Sekolah dalam Sistem Pembelajaran di Masa New Normal. Jurnal Penelitian Perawat Profesiaonal. 3(2): 413-420.

Yakin, H. H. (2021). EKSISTENSI GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 2 PRINGGASELA. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 90-106.

Zogara, A. U & Arifin, Z. 2020. Metodologi Penelitian Ilmiah. Jogjakarta: Kbm Indonesia.

Published

2022-10-31

How to Cite

Maslihatur Radiah, Muh Irawan Zuliatul Apri, & Helmi Najamudin. (2022). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA PADA MASA NEW NORMAL DI SMPN 01 WANASABA. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(4), 666–675. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i4.215