PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs ANNUR AL MANSHURIAH
Kata Kunci:
Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, Faktor PenghambatAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Annur Al Mamshuriah.Serta mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Annur Al Manshuriah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawanacara dan dokumentasi. Mutu pendidikan di MTs Annur Al Manshuriah sudah bisa dikatakan memenuhi Standar Pendidikan. Faktor Penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan disuatu sekolah sering sekali terjadi pada madrasah itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa belum lengkapnya sarpras, adanya staf dan guru yang tidak linier dan faktor dana/keuangan madrasah
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan kepala sekolah adalah sebagai contoh perilaku, aktivitas yang ditampilkan seseorang melalui sikap dan nilai yang diharapkan dalam kepemimpinannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran yang dijalankan kepala sekolah di MTs Annur Al Manshuriah sebagai edukator, manager, administator, dan supervisor berpengaruh terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs Annur AL Manshuriah. Hal ini mengandung implikasi agar kedepannya peran kepemimpinan yang dijalankan kepala sekolah sebagai edukator, manager, administator, dan supervisor dapat tetap terlaksana agar mutu pendidikan di sekolah dapat sesuai dengan tujuan