MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI RUPA ANAK DENGAN MENERAPKAN 3M MENGGUNTING MENGGAMBAR DAN MENEMPEL DI TK AL-MUTA’ALLIM DANGER

Penulis

  • Haeruddin Haeruddin STITNU Al Mahsuni

Kata Kunci:

Seni, Menggambar, Menggunting, Menempel

Abstrak

Anak hakikatnya bukan milik kita, kita hanya menerima titipan. Saat dititipkan pertama kali, anak dalam keadaan fitrah, suci dan dibekali sifat hanif, Di sinilah tanggung jawab orang tua untuk memberikan pendidikan yang terbaik agar fitrahnya. Kemampuan seni rupa anak dalam kegiatan 3M (menggambar menggunting dan menempel) di Tk Al-Muta’allim Danger  terbilang masih sangat rendah.

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Meningkatkan kemampuan seni rupa anak dengan menerapkan metode 3M (Menggambar ,menggunting, dan menempel) di TK Al-muta’allim pada kelas B Desa Danger. 2) Mengetahui kendala kendala apa saja yang dihadapi uru saat penerapan metode 3M (Menggambar ,menggunting, dan menempel) di TK Al-muta’allim KlS B Desa Danger.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Di mana Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggali data sesuai dengan rumusan masalah yang telah disusun. Pengumpulan data diperoleh Peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.

setelah metode ini dilakukan perubahan yang signifikan pada peserta didik dapat terlihat dari yang sebelumnya sebagian hanya beberapa orang anak yang mempunyai kemampuan dengan metode 3M (Menggambar, menggunting dan menempel), setelah penerapan metode terbukti adanya peningkatan yang signifikan dari peserta didik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-14

Cara Mengutip

Haeruddin, H. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI RUPA ANAK DENGAN MENERAPKAN 3M MENGGUNTING MENGGAMBAR DAN MENEMPEL DI TK AL-MUTA’ALLIM DANGER. Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam Dan Ilmu Pendidikan, 11(02). Diambil dari https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/339