PERAN GURU PAI DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG AKTIF, EFEKTIF,DAN MENYENANGKAN

Authors

  • fitriah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
  • M. Ikhwanul Hakim Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Muyassaroh Zaini Dosen Tetap IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i2.88

Keywords:

Peran Guru PAI,, Pengelolaan Kelas,, Aktif,, Efektif,, Menyenangkan

Abstract

Manajemen kelas merupakan peran penting dalam proses pembelajaran. Dalam manajemen kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredabilitas yang dibuktikan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peran guru PAI dalam pengelolaan kelas yang aktif, efektif, dan menyenangkan ditunjukkan dengan adanya penggunaan variasi metode pembelajaran yaitu metode diskusi, ceramah, praktik, tanya jawab, penugasan dan menghafal. Sedangkan pengelolaan kelas dilakukan dengan penyegaran melalui memutarkan video pembelajaran, mengontrol peserta didik dengan keliling, merapikan tempat duduknya, memberikan perhatian, maju kedepan untuk membaca Al-qur’an dan menyediakan jaringan internet. (2) Faktor pendukung dalam pengelolaan kelas yang aktif, efektif, dan menyenangkan yaitu kualitas kepribadian guru, sarana dan pra sarana, peserta didik, keluarga peserta didik, dan kurikulum. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kualitas kepribadian guru, metode pembelajaran, fasilitas, dan keluarga peserta didik.

References

Agustiningsih, D. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Interaksi Pembelajaran. Metro: Rajawali Press

Amon, L. (2020). Guru dan Pendidikan Karakter. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata

Astiti, K. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Hakim, M. I., Zulkifli, M. (2021). Analisis Masalah Guru PAI dalam Penilaian Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.Jurnal UNNES-TEFLINNational Seminar, 4(1): hlm. 337-345

Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Sumatera Barat: CV. Insan Cendekia Mandiri

Haryadi, F. L, (2020) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat, An-Nahdlah Jurnal Pendidikan Islam, 1 (1), Agustus,

Mahmudah. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran, Jurnal Kependidikan, 6(1). Purwokerto

Mardati, A. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Murniasih, E., Sopian, I., Istiningsih. (2019). Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan. Semarang: Alprin

Nurholisah, S. (2019). Peranan Guru Dalam Proses Pembelajaran. Bogor: Lentera Pendidikan

Parhusip, H. (2021). Manajemen Kelas. Malang: Literasi Nusantara

Siagian, N. F. Peran Guru di Dunia Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Sumatera Utara: Global Aksara Pers

Sunaengsih, C. (2017). Pengelolaan Pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang RI Nomor 14 tentang Guru dan Dosen. (2005). Jakarta : Sinar Grafika

Zogara, A. U., Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Ilmiah. Yogyakarta: KBM Indonesia.

Zulkifli, M. (2018). Manajemen Personalia Lembaga Pendidikan Islam (Studi di Madrasah Ibtidaiyah NW No. 1 Boro’Tumbuh). jurnal ibtida’iy, (3): hlm. 31-39.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

fitriah, M. Ikhwanul Hakim, & Muyassaroh Zaini. (2022). PERAN GURU PAI DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG AKTIF, EFEKTIF,DAN MENYENANGKAN. Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 178–192. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i2.88