Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni <p>Jurnal Al Mahsuni merupakan jurnal studi kajian islam dan ilmu pendidikan. jurnal ini diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) Al Mahsuni Lombok Timur. jurnal Al Mahsuni menerima sumbangan tulisan dari berbagai sumber mulai dari mahasiswa, dosen dan kalangan umum yang ingin mempublikasikan tulisannya dalam jurnal Al Mahsuni. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.</p> id-ID [email protected] (Khairul Azmi) [email protected] (Sunandar Azma'ul Hadi) Thu, 14 Sep 2023 00:00:00 +0800 OJS 3.2.1.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs ANNUR AL MANSHURIAH https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/342 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Annur Al Mamshuriah.Serta mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Annur Al Manshuriah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawanacara dan dokumentasi. &nbsp;Mutu pendidikan di MTs Annur Al Manshuriah sudah bisa dikatakan memenuhi Standar Pendidikan. Faktor Penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan disuatu sekolah sering sekali terjadi pada madrasah itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa belum lengkapnya sarpras, adanya staf dan guru yang tidak<em> linier</em> dan faktor dana/keuangan madrasah</p> <p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan kepala sekolah adalah sebagai contoh perilaku, aktivitas yang ditampilkan seseorang melalui sikap dan nilai yang diharapkan dalam kepemimpinannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran&nbsp; yang dijalankan kepala sekolah di MTs Annur Al Manshuriah sebagai <em>edukator</em>, <em>manager</em>, <em>administator</em>, dan <em>supervisor</em> berpengaruh terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di MTs Annur AL Manshuriah. Hal ini mengandung implikasi agar kedepannya peran kepemimpinan yang dijalankan kepala sekolah sebagai <em>edukator</em>, <em>manager</em>, <em>administator</em>, dan <em>supervisor </em>dapat tetap terlaksana agar mutu pendidikan di sekolah dapat sesuai dengan tujuan</p> Teguh Alfarizi, Lalu Iswandi, SOPIAN ANSORI Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/342 Thu, 14 Sep 2023 00:00:00 +0800 ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PESAN MORAL DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMY ASF https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/340 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel yang banyak mengandung nilai-nilai Pendidikan karakter dan pesan moral agar dijadikan pelajaran hidup bagi seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja nilai Pendidikan karakter dan memahami makna pesan moral di dalam novel <em>Layangan Putus Karya Momy ASF</em>. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriftip. Penelitian ini menganalisis, menggambarkan dan memaparkan kandungan apa saja yang ditemukan dalam <em>novel Layangan Putus Karya Momy ASF</em>. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi secara langsung novel Layangan Putus, sedangkan data sekunder didapatkan melalui buku, internet dan jurnal yang relevan dengan skripsi ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya dalam novel <em>Layangan Putus Karya Mommy ASF</em> yang bergenre tentang perselingkuhan juga terdapat nilai-nilai karakter dan pesan moral yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan tersebut gotong royong,religius, integritas, mandiri, nasionalis. Dan pesan moral Pernikahan bukan hanya sekedar tentang cinta tapi sebuah komitmen.</p> baiq desy arfini Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/340 Thu, 14 Sep 2023 00:00:00 +0800 PENGARUH MANAJEMEN ORGANISASI KEMEHASISWAAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA STITNU AL MAHSUNI TA. 2022/2023 https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/336 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Manajemen Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa STITNU AL MAHSUNI Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kolerasional. Populasi penelitian yaitu seluruh mahasiswa STTINU AL MAHSUNI yang tergabung dalam Unit kegiatan mahasiswa, yaitu BEM, RACANA, MAHASISWA PECINTA ALAM, MAJELIS DAKWAH KAMPUS, ESTIMA CLUB yang seluruhnya&nbsp; berjumlah 170 orang, sampel penelitian yaitu 10% dari jumlah populasi yaitu 17 orang dari selutruh jumlah unit kegiatan mahasiswa di STITNU AL MAHSUNI. Kemudian teknik pengumpulan data berupa angket dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan SPSS 26 . Berdasarakan hasil penelitian bahwa t hitung variabel manajemen organisasi kemahasiswaan&nbsp; sebesar 2.401 &nbsp;sementara t tabel dengan taraf signifikan = 0,05 dan df = n k. Dimana n adalah jumlah responden dan k adalah jumlah variabel (bebas dan terikat). Maka df = 17&nbsp;2 yaitu 15 sebesar 1,75305, hal ini berarti t hitung &nbsp;t tabel atau 2.401&nbsp;1,75305. Tingkat signifikansi variabel manajemen organisasi kemahasiswaan sebesar 0,030 lebih kecil dari 0,05, artinya signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen organisasi kemahasiswaan &nbsp;berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh antara manajemen organisasi kemahasiswaan terhadap prestasi akademik mahasiswa STITNU AL MAHSUNI.</p> Ahmad Rianto, Bayu, Mariawati Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/336 Thu, 14 Sep 2023 00:00:00 +0800 Strategi Kepala Sekolah Dalam Mempertahankan Kualitas Pendidikan Berbudaya Islami di SMPN 1 Selong https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/343 <p>Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui alasan mempertahanakan kualitas pendidikan berbudaya Islami, (2) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam mempertahankan kualitas pendidikan berbudaya Islami, (3) mengetahui kontribusi budaya islami terhadap prestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan <em>(field research)</em> dengan menggunakan analisis&nbsp; deskriptif kualitatif analitik. Penentuan narasumber dilakukan dengan teknik <em>snowballing sampling</em>. Kemudian teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan uji validitasnya dengan menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ditunjuk oleh Dikbud NTB untuk mempertahankan kualitas pendidikan berbudaya Islami. Kedua, sebagai contoh dari SMP yang ada di Kabupaten Lombok Timur. 2). Strategi kepala sekolah untuk mempertahankan kualitas pendidikan berbudaya Islami di sekolah yaitu dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan dalam melakukan sesuatu di lingkungan sekolah.&nbsp; Selain itu dalam melaksanakan kegiatan, kepala sekolah membentuk team/bentuk pengurus atau bentuk Pembina, kemudian, para Pembina menyusun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu semester atau satu tahun, dilanjutkan dengan persetujuan dari kepala sekolah. 3). Kontribusi strategi kepala sekolah terhadap kualitas pendidikan berbudaya Islami yaitu terbentuknya lingkungan sekolah yang Islami melalui kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan, antara lain: saling menghargai antara guru dengan guru maupun dengan murid yang muslim maupun dengan non muslim sangat erat, budaya disiplin, dan menjaga kebersihan sekolah.</p> Nurul Jum’ah Fathi Huballoh Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/343 Thu, 14 Sep 2023 00:00:00 +0800 PENGARUH SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MTS. NW BENTENG https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/341 <p>Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap kinerja guru di MTs. NW Benteng Desa Lendang Nangka Utara Kecamatan Masbagik Lombok Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, penelitian ini mengambil lokasi di MTs. NW Benteng Desa Lendang Nangka Utara Kecamatan Masbagik yang terdiri dari 12 guru yang bersertifikat, pengambilan sampel dengan cara total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 12 guru. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap kinerja guru, hal ini berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah nilai T<sub>hitung </sub>(2,762) lebih besar dari T<sub>tabel </sub>(2,200)<sub>, </sub>berdasarkan pengambilan keputusan jika T<sub>hitung </sub>lebih besar dari T<sub>tabel</sub> maka ada pengaruh yang signifikan antara sarana dan prasarana sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di MTs NW Benteng</p> SOPIAN ANSORI, Ade Jauhari Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/341 Thu, 14 Sep 2023 00:00:00 +0800 MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENI RUPA ANAK DENGAN MENERAPKAN 3M MENGGUNTING MENGGAMBAR DAN MENEMPEL DI TK AL-MUTA’ALLIM DANGER https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/339 <p>Anak hakikatnya bukan milik kita, kita hanya menerima titipan. Saat dititipkan pertama kali, anak dalam keadaan fitrah, suci dan dibekali sifat hanif, Di sinilah tanggung jawab orang tua untuk memberikan pendidikan yang terbaik agar fitrahnya. Kemampuan seni rupa anak dalam kegiatan 3M (menggambar menggunting dan menempel) di Tk Al-Muta’allim Danger&nbsp; terbilang masih sangat rendah.</p> <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Meningkatkan kemampuan seni rupa anak dengan menerapkan metode 3M (Menggambar ,menggunting, dan menempel) di TK Al-muta’allim pada kelas B Desa Danger. 2) Mengetahui kendala kendala apa saja yang dihadapi uru saat penerapan metode 3M (Menggambar ,menggunting, dan menempel) di TK Al-muta’allim KlS B Desa Danger.</p> <p>Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Di mana Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggali data sesuai dengan rumusan masalah yang telah disusun. Pengumpulan data diperoleh Peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.</p> <p>setelah metode ini dilakukan perubahan yang signifikan pada peserta didik dapat terlihat dari yang sebelumnya sebagian hanya beberapa orang anak yang mempunyai kemampuan dengan metode 3M (Menggambar, menggunting dan menempel), setelah penerapan metode terbukti adanya peningkatan yang signifikan dari peserta didik.</p> Haeruddin Haeruddin Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/almahsuni/article/view/339 Thu, 14 Sep 2023 00:00:00 +0800