Peran Guru PAI Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas 4 di SD Negeri 01 Songak

Authors

  • Elfa Yuliana STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo, Surabaya
  • Ayu Hidayati Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v7i02.247

Keywords:

Peran guru, Akhlakul karimah, Peserta didik

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam membentuk akhlakul karimah siswa kelas 4 di SD Negeri 1 Songak. Untuk mengetahui apa hambatan/ kendala yang dihadapi guru PAI dalam membentuk akhlaqul karimah siswa kelas 4 di SD Negeri 01 Songak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa peran yang dilakukan sekolah dan guru pendidikan agama Islam dengan melalui: Kegiatan keagamaan seperti Imtaq dengan membaca al-qur’an, pidato, shalat dhuha yang dilakukan setiap hari. Pembentukan akhlak di dalam kelas dengan melatih sikap kejujuran dan kedisiplinan. Melalui kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka. Pembinaan di luar sekolah dengan tilawah al-qur’an, tahsin, tahfidz, ta’lim Keteladanan seorang guru dengan memberikan contoh akhlak yang baik terhadap peserta didik.

References

Bogdan, Robert, Steven J. Taylor. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif cet. 1. (Surabaya: Usaha Nasional)

Kunandar. (2010) Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Cet. 6. (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Moleong, J. Lexy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. cet 29. (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. cet 1. (Bandung: Alfabeta, ,)

UU RI Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.

Published

2022-12-30