Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Religius Pada Siswa Di Madrasah Aliyah

Authors

  • Fatmawati STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat

DOI:

https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v7i02.238

Keywords:

Pendidikan Agama Islam dan Nilai-nilai Religius

Abstract

Pembiasaan yang dilakukan di madrasah tentang nilai-nilai religius yang terkandung dalam ajaran agama Islam itu sendiri yaitu salah satunya mengoptimalkannya peningkatan mutu pendidikan siswa dan perkembangan kepribadian siswa baik dalam cara berfikir, bersikap, maupun cara berprilaku. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, obsevasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius di lingkungan Madrasah Aliyah dilakukan dengan baik dan efektif dengan diterapkannya dalam kegiatan keseharian seperti membiasakan mengucapkan salam, berjabat tangan, santun dalam berbicara, sopan dalam bersikap, dan saling menghormati baik dengan guru maupun sesama teman. Pembelajaran intrakurikuler pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius siswa Madrasah Aliyah dilakukan dengan cara sistematik dengan menggunakan kurikulum 2013 dan sesuai dengan unsur-unsur pembelajaran madrasah

References

Abd Kadim Masaong, Supervii pengajaran dan pengembangan kapasitas Guru, (Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013), 196

Abdillah, 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung

Ahmad Ramadhan, Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene, Journalof Educational Science and Technology (EST), Vol.3,No.2,2017:137,https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Andang. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: ArRuzz Media. 2014. Arcaro, Jeromi S. Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2006.

Arikunto, Suhaisimi. Prosedur Penelitian - Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 1998. Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007.

Az-Zuhaili, Wahbah. Fiqih Islam Wa Adillatuhu. Damaskus: Darul Fikr. 2007. Bogdan, R.C, & Biklen. Qualitative Research For Education an Introductionto theory and Methods. Qostoa: AUyn & Bacon Inc. 1982.

Burhanuddin. (2011). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. h. 90.

Buchari Alma, (2009) Guru Professional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar), Bandung, Alfabeta, , h. 141.

Dadang Suhardan, Supervisi Profesional: Layanan dalam Meningkatkan Mutu pmbelajaran di Era Otonomi Daerah (Bandung: Alfabeta,2020),194

Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. 2007. Dimyati dkk. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 1999.

Didin Kurniadin dan Imam Machali. (2016). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, h. 302.

Dimyati, Hamdan. Model Kepemimpinan Dan Sistem Pengambilan Keputusan. Bandung: Pustaka Setia. 2014. Dit. Dikdasmen, Depdiknas. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah, Buku Konsep dan Pelaksana. Jakarta. 2001.

Djati Sidi, Indra. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Logos.

Fatimah, Siti. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Di SMP IT Smart Cendekia Karanganom Klaten” Tesis. Surakarta: IAIN Surakarta. 2019.

Fattah, Nanang. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.

Frimayanti. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam

Hadari Nawawi. (2010). Kepemimpinan yang Efektif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. h. 89

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2007. Idris, Zahara dan Lisma Jamal. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. 1992.

Isnanto. “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Ma’arif NU 04 Tamansari dan MTs Ma’arif NU 16Sirau Karangmoncol Purbalingga” Tesis. Purwokerto: IAIN Purwokerto. 2017.

Jejen Musfah. (2015). Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. h. 56

Moch Idochi Anwar. (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. h. 91

Moch Idochi Anwar. (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. h. 91

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian kualitatif. Baadung, Ramaja Rosdakarya. 2000.

Muhaimin. (2011). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana. h. 29

Mulyasa, E. Manajemen Dan Kepemimimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Bumi Aksara. 2013.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.

Nafis, Ahmadi H. Syukron. Pendidikan Madrasah: Dimensi Profesional dan Kekinian. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo. 2010.

Nasution, S.. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Aditya Bakti. 1991.

Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam. 2003.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008

Perdani, Kurnia Putri “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Kompetensi Kewirausahaan di SMK Islam AlQomar Nganjuk” Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2019.

Piet A. Sahertian, konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia(Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2008), 18

Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1992.

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos. 2001. Roestiyah. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: PT. Bina Aksari. 1982.

Rohiat. Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama. 2010. Rohmat. Kepemimpinan Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press. 2010.

Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS. 2009.

Rusman, (2011), Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Jakarta: Rajawali Pers, h. 54

Sahertian, Piet A. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset. 1994. Said, M. Mas’ud. Kepemimpinan Pengembangan Organisasi Team Building dan Perilaku Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press. 2010.

Saumur dan Jufri, 2020. Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai-Nilai Relegius Pada Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Halmahera Barat

Sallis, Edward. Total Quality Management In Education (alft Bahasa Ahmad Ali Riyadi). Yogyakarta: IRCiSoD. 2006.. Sergiovanni. The Principal Chip A Reflective Practice Perspective Fifth Edition. Boston: Pearson. 2006.

Sejathi, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru, di akses pada tanggal 17 Februari 2022 dari http://www.Shvoong.com/2011 Slameto,Supervisi Pendidikan oleh Pengawas Sekolah, Kelola: Jurnal ManajemenPeno/o/fcan,Vol.3,No.2,April-Desember 2016: 194

Sonhaji, Ahmad. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan. Banjannasin: Universitas Lambung Mangkurat. 2003.

Sudjana, Nana. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung. 1991.

Sumayang, Lalu. Manajemen produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat. 2003. Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.

Suriyati. “Kepemimpinan dan Peningkatan Profesionalisme Guru”. Jurnal Tarbiyah. Vol. 22 No. 1. Summer Januari-April 2015. h. 45

Syaiful Sagala, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012, 89

Syaiful Sagala. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. h. 12

Syafaruddin. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Bandung:Cita Pustaka Media. h. 140

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1991.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS): Beserta Penjelasannya ( Bandung: Citra Umbara, 2003),

W, Manca. Etnogrqfi Desain Penelitian Kualitatif, dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media. 2004.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2013. Williams-Boyd, Pat. Educational Leadership. (California: ABC-CLIO, inc. 2002.). E-Book. Yahya, M. Metodologi Penelitian rtiset dan teori. Banjannasin: STIA Bina Banua. 2004.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. h. 151.

Yahya, M.. Metodologi Penelitian rtiset dan teori.Banjannasin: STIA Bina Banua. 2004.

Zamroni. Meningkatkan Mutu Sekolah. Jakarta: PSAP Muhamadiyah,. 2007.

Published

2022-12-30