Akar Konflik Masyarakat Pedesaan Pulau Lombok Dalam Kajian Islam (Studi Kasus tentang Pola Kekerasan Publik Di Desa Ketare Kabupaten Lombok Tengah)

Authors

  • Hadlun STAI Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat

DOI:

https://doi.org/10.54723/jurnalalamin.v7i02.237

Keywords:

Akar konflik dan kekerasan publik

Abstract

Peristiwa salah faham di antara individu maupun kelompok yang banyak berwujud pada tindakan amoral, yang tentunya kurang disadari bahwa tindakan agresif yang mereka lakukan adalah banyak berdampak pada keresahan masyarakat  dan disintegrasi serta rasa benci diantara individu maupun kelompok yang bersangkutan. Kelompok disini adalah merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki hubungan yang berdampak pada timbulnya perasaan bersama dan terbentuk karena adanya kebudayaan yang sama pula. Dari hasil observasi, bahwa faktor penyebab terjadinya konflik di Lombok Tengah, khususnya di Desa Ketara dan sekitarnya secara garis besarnya terjadi yakni akibat rendahnya pengetahuan agama masyarakat, lemahnya mental masyarakat, faktor ekonomi, lingkungan, serta pengaruh ilmu kebal yang dipelajari masyarakat. Selain itu, minimnya perhatian pemerintah daerah terhadap masyarakat menjadi salah satu pendukung terjadinya konflik masyarakat didaerah Lombok Tengah. Pasalnya, jika pemerintah benar-benar memperhatikan masyarakatnya dengan cara turun langsung kemasyarakat maka akan bisa terungkap apa yang menjadi keinginan dari masyarakat. Selain itu pokok permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat akan bisa mudah diketahui sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan jalan keluarnya.

References

Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Pustaka Pelajar.Yogyakarta. Cet II.

Anton Tabah, 1991, Menatap dengan mata hati polisi Indonesia. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Doyle Paul Johnson, 1990, Teori sosiologi 2: Klasik dan Modern, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Faisal, S.2001.Metodologi Penelitian Kualitatif, Hakekat Beserta Karakteristik dan Variasi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Francis, Diana, 2006, Teori Dasar Transformasi Konflik Sosial. Penerbit Quills, Yogyakarta.

Kanto, Sanggar, 2006, Modernisasi dan Perubahan Sosial; Suatu Kajian dari Perspektif Teori dan Empirik, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang

Marsana Windu, 1987, Kekuasaan dan Kekerasan, Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Miles, Matthew B. dan Huberman, Michael.A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong J. Lexy, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, Rosda Karya, Bandung.

Mulkan Abdul Munir, dkk, 2002. Membongkar Praktek Kekerasan Menggagas kultur Nir- Kekerasan. Penerbit PSIF UMM & Sinergi Press.

Mulyana. D, Rakhmat Jalaludin. 1991. Komunikasi Antar Budaya. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung

Muchsin, 2002, Menggagas Etika & moral Di Tengah Modernitas, penerbit C.V. ADIS, Surabaya.

Nazsir, Nasrullah, 2008. Teori-Teori Sosiologi, Widya Padjajaran.

Nitibaskara, T Rony Rahman, 2001, Ketika Kejahatan Berdaulat; Sebuah Pendekatan Kriminologi, Hukum dan Sosiologi. Penerbit Peradapan.

Ocorandi, Michael (1998), “An Anatomy of The Recent Anti Ethnic-Chinese Riots in Indonesia”, http:/www.huaren.org/focus/id/032598-1.html.

Salladien, 2002, Beberapa Teori Perkuliahan Sosiologi Kriminalitas, disampaikan dalam worksop pengembangan kurikulum program studi Magister Sosiologi Pedesaan, UMM, Malang.

Schrivers, Joke, 2000, Kekerasan Pembangunan; Pilihan Untuk Kaum Intlektual, Penerbit Kalyanamitra, Jakarta.

Simmel, Goerg, 1986, Beberapa Teori Sosiologi, Penerbit Airlangga, Surabaya

Sonhadji, Ahmad, 1994. Teknik Pengumpulan dan Analisa Data dalam Peneltian Kualitatif (Dalam buku Penelitian Kualitatif dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial Keagamaan. Penerbit Kalimasahada Press Malang

Surakhmad. Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik. Transito.Bandung.

Suryanto, 2010. Mengenal Beberapa Definisi Konflik. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Susan, Novri, 2010, Pengantar Sosiologi Konflik dan Isu-isu Konflik Kontemporer. PT. Fajar Interpratama Offest. Jakarta.

http://penelitianstudikasus.blogspot.com/2009/03/pengertian-penelitian-studi-kasus.html. diakses tgl 1 agustus 2011 jam 21.15 wita.

http://pristality.wordpress.com/2011/11/29/teori-konflik-lewis-coser/. Diakses tgl 23 januari 2012 jam 15.00 wita.

Yin, R.K., 2009. Studi Kasus (DesaindanMetode). Rajawali Pers. Jakarta

Published

2022-12-30