Implementasi Kurikulum Modifikasi Berbasis Islami (Studi Kasus di TK Inklusi Islam Pelangi Anak Negeri Yogyakarta)

Penulis

  • nurul hidayah Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu
  • Ahmad Sanusi Prodi PAUD, Fakultas Tarbiyah, IAI Qamarul Huda, Indonesia
  • Zakiyatul Imamah Prodi PAUD, Fakultas Tarbiyah, IAI Qamarul Huda, Indonesia

Kata Kunci:

Kurikulum;Modifikasi; Islami; TK Inklusi.

Abstrak

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam suatu sistem.
pendidikan. Hal ini disebabkan peran kurikulum sebagai “rambu-rambu” dalam pelaksanaan
pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak (TK) Inklusi Islam Pelangi Anak
Negeri Yogyakarta. TK ini merupakan sekolah yang menerapkan kurikulum modifikasi
berbasis Islami, dengan sasaran siswa secara inklusif, termasuk bagi siswa berkebutuhan
khsusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode diskriptif kualitatif dengan
pendekatans tudi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa implementasi
kurikulum modifikasi berbasisis Islami di sekolah TK Inklusi Islam Pelangi Anak Negeri
Yogyakarta terdapat beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut ialah Identifikasi dan asesmen
peserta didik ABK berdasarkan aspek akademik dan nonakademik, dalam proses
pembelajaran menggunakan model kelas regular dengan cluster dan pull out serta
menggunakan pendekatan multimetode, selain itu terdapat program ekstrakurikuler yang
bernuansa Islami.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-12