Menggunakan Metode Mind Mapping Untuk Mengajarkan Kosa-Kata: Study pada Mahasiswa Semeter Dua Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIQH Bagu Lombok Tengah

Penulis

  • hasbullah Institut Agama Islam Qomarul Huda Bagu
  • Lukamanul Hakim Prodi PAUD, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Qomarul Huda
  • Winda Mustiani Prodi PAUD, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Qomarul Huda

Kata Kunci:

Pemetaan Pikiran; Kos-akata; Pengajaran

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik pemetaan pikiran atau mind mapping yang dikembangkan oleh Toni Buzan yaitu pemetaan pikiran dapat membantu seseorang dalam mempelajari, mengatur, dan menyimpan informasi sebanyak mungkin, dan bila dilakukan dengan benar, memungkinkan akses yang mudah untuk mengajarkan kosa kata. Subyek penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa semester dua Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Islam Qamarul Huda tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan pre-test dan post-test dan observasi. Data dianalisis secara statistik dan dideskripsikan secara deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa persentase kemampuan siswa pada pre-test pada kemampuan rendah sebesar 57%, kemampuan sedang sebesar 30%, kemampuan tinggi sebesar 10% dan sangat baik sebesar 3%. Selanjutnya setelah diberikan perlakuan persentase kemampuan siswa pada post-test pada kemampuan rendah sebesar 0%, kemampuan sedang sebesar 6,66%, dan kemampuan tinggi sebesar 83,33% dan sangat baik sebesar 10,01%. Nilai rata-rata siswa meningkat dengan total skor pada pre-test adalah 1807 dan pada post-test adalah 2458. Nilai rata-rata pada pre-test dan post-test meningkat pada pre-test 60, 23 dan post-test adalah 81 , 93. Persentase ketuntasan siswa dari semua kriteria pada post-test kriteria 1 persentase sangat baik 7%, kriteria tinggi 83%, sedang 10%, dan kriteria rendah adalah 0%. Oleh karena itu, penggunaan teknik mind mapping sangat efektif dalam membangun dan memperkuat penguasaan kosa kata siswa. Teknik ini juga membantu siswa dalam menggunakan otak kiri dan kanan mereka dalam mempelajari kosa kata.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-12